Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parkir Truk Berjam-jam Sebelum SPBU Buka

Kompas.com - 08/04/2013, 19:26 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Para sopir truk di Balikpapan, Kalimantan Timur, terpaksa memarkir kendaraan berjam-jam sebelum Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum membuka layanan. Sejak Maret lalu, Pemkot Balikpapan menginstruksikan SPBU membuka layanan penjualan solar untuk roda enam ke atas pukul 22.30-06.00 wita.

Banu, sopir truk warga Jalan RE Martadinata Balikpapan, telah memarkir truknya di dekat SPBU Jalan MT Haryono sejak pukul 09.00. "Kalau memarkir di atas pukul 12.00, entah sudah berapa puluh meter jarak antrean masuk ke SPBU," ujar Banu, Senin, saat menunggu di sebuah warung makan di sebelah SPBU Jalan MT Haryono.

Sopir truk yang membawa muatan susu ini biasanya menjalankan truk ke Banjarmasin Kalimantan Selatan.

"Urusan antre BBM ini, terutama sejak dua tahun terakhir, membuat saya semakin frustasi. Dulu antrean dibuka sore hari, sehingga setidaknya kami bisa pulang malam hari. Namun mulai Maret, SPBU buka malam hingga pagi. Ini mengganggu jam tidur saya, dan teman-teman. Lihat saja tuh mata para sopir sudah banyak yang merah, tanda kurang tidur," ujar Banu.

Bahkan ada sebuah truk di dekat SPBU yang menurut para sopir sudah pakir sejak pukul 06.00. Nggak tahu pengemudinya ke mana, kata Banu. Pantauan Kompas, deretan truk mulai terlihat saat tengah hari, dan semakin panjang menjelang sore.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com