Citizen Journalist Bukan Wartawan

Kompas.com - 07/04/2013, 05:39 WIB
Editor

• Judul: Citizen Journalism: Pandangan, Pemahaman, dan Pengalaman

• Penulis: Pepih Nugraha

• Penerbit: Penerbit Buku Kompas

• Tahun terbit: Oktober 2012

• Tebal buku: xv + 192 halaman

• ISBN: 978-979-709-669-4 Emanuel Dapa Loka

Adalah Cut Putri, seorang warga biasa (bukan jurnalis) dengan handycam di tangan. Pada 26 Desember 2004, ia akan mengabadikan pernikahan kerabat ketika gelombang tsunami tiba-tiba datang menerjang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan cekatan Cut Putri mengarahkan lensa kamera untuk merekam dahsyatnya gelombang tersebut. Rekaman Cut Putri kemudian menjadi fenomenal, bahkan Metro TV menayangkannya berulang-ulang.

Aksi berani Cut Putri berikut karyanya dipercaya sebagai tonggak awal citizen journalism atau jurnalisme warga di Indonesia. Sejak itulah marak orang melakukan reportase atas aneka kejadian di sekitarnya dan dituliskan di dinding Facebook, blog pribadi, mailing list, atau blog umum seperti Kompasiana yang Pepih Nugraha sebut sebagai ”blog keroyokan”.

Dari esensinya, jurnalisme warga adalah rangkaian kegiatan mengumpulkan informasi, mengolah, lalu menayangkannya melalui media sosial berbasis internet. Kegiatan ini dilakukan oleh warga masyarakat biasa, bukan wartawan profesional. Sebagai orang awam, pewarta dalam jurnalisme warga membuat reportase hanya berdasarkan ”keberanian” dan keterampilan yang ”apa adanya” serta kesadaran untuk berbagi informasi. Jadi, seorang pewarta dalam jurnalisme warga tidak dituntut memiliki keahlian seperti wartawan profesional.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.