Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Bandara Membuat Bisnis di Pontianak Tak Efisien

Kompas.com - 02/04/2013, 17:54 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Terbatasnya kapasitas Bandar Udara Supadio, Kalimantan Barat dan penerbangan yang sering tertunda menyebabkan bisnis tak efisien.

Para pengusaha harus menyiapkan waktu antara satu hingga dua hari sebelum pertemuan bisnis penting di Pontianak.                         Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Pontianak Andreas Acui Simanjaya, Selasa (2/4/2013) menuturkan, penerbangan ke Pontianak dan sebaliknya termasuk jalur padat.

"Para pengusaha harus datang lebih awal antara satu hingga dua hari sebelum hari pertemuan bisnis yang penting di Pontianak. Itu dilakukan karena beberapa kali, Bandar Udara Supadio tutup akibat ada kecelakaan pesawat. Daripada hilang kesempatan dalam pertemuan bisnis yang penting, pengusaha akhirnya terpaksa datang lebih awal," ujar Acui.            

Hal itu menyebabkan urusan bisnis di Pontianak menjadi tidak efisien. Bisnis akan sangat efisien jika pengusaha bisa datang pada hari yang sama dengan pertemuan bisnis.            

"Kondisi Bandara Supadio yang terbatas kapasitasnya itu masih diperparah oleh operator penerbangan yagn seringkali menunda keberangkatan pesawat karena menunggu pesawat datang dari bandara lain. Saya berharap, perluasan Bandara Supadio bisa menekan keterlambatan pesawat," ujar Acui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com