Kompas.com - 30/03/2013, 16:13 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

LARANTUKA, KOMPAS.com — Ribuan peziarah kembali ke tempat asal masing-masing, Sabtu (30/3/2013), setelah selama hampir satu pekan berada di Larantuka, Flores Timur. Meski demikian, sebagian peziarah masih memilih tinggal di Larantuka untuk merayakan Paskah pada Minggu (31/3/2013).

Ketua Panitia Perayaan Semana Santa Larantuka, Yohanes Fernandes Aikoli, mengatakan, peziarah yang datang dari delapan kabupaten di daratan Pulau Flores sebagian sudah pulang, Sabtu dini hari. "Mereka ingin merayakan paskah di rumah masing masing. Mereka datang ke Larantuka untuk mengikuti prosesi Jumat Agung," kata Aikoli, Sabtu.

Sebagian peziarah yang masih menetap di Larantuka akan mengikuti paskah di gereja Katedral Larantuka. Mereka kebanyakan datang dari luar Flores.

Biasanya mereka kembali melalui jalur transportasi udara, dari Larantuka menuju Kupang, selanjutnya ke Pulau Jawa, Sulawesi, dan Sumatera. Sebagian peziarah melewati jalan darat dari Larantuka ke Maumere kemudian melanjutkan perjalanan ke tempat asal.

Peziarah berupaya membawa air berkat, air yang dianggap memiliki kekuatan mengusir kekuatan jahat, penyembuhan, dan dan sebagainya. Air itu adalah hasil pemandian arca tua Bunda Maria.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.