Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gereja Santa Maria Puhsarang Gelar Jalan Salib

Kompas.com - 28/03/2013, 23:57 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Gereja Santa Maria Puhsarang di Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, akan menggelar prosesi Jalan Salib untuk memperingati wafatnya Yesus Kristus, Jumat (29/3/2013) besok.

"Acaranya pagi sekitar pukul 07.00 WIB. Pesertanya sekitar 300 jemaah," kata Daniel, juru bicara gereja, Kamis (28/3/2013).

Prosesi Jalan Salib tersebut akan dilakukan di tempat khusus yang terletak di bagian belakang kawasan gereja. Di tempat itu tersedia lintasan melingkar sepanjang 2 kilometer dengan 14 pemberhentian atau stasi.

Pada stasi terdapat patung yang mengisahkan sengsara Yesus mulai dijatuhi hukuman mati hingga dimakamkan. Pada tahun-tahun sebelumnya, peserta Jalan Salib cukup memebludak dan datang dari berbagai daerah, bahkan luar Jawa.

Para peziarah itu biasanya datang secara berombongan. Sesuatu yang menarik adalah kisah Jalan Salib dibacakan dengan bahasa Jawa. Meskipun demikian, hal itu tidak menjadi halangan bertindak khusyuk bagi peziarah yang datang dari luar Jawa.

Gereja Santa Maria Puhsarang adalah gereja Katolik Roma yang dibangun sejak 1936. Desain bangunannya cukup unik karena mengadopsi arsitektur bangunan Jawa dan penuh simbol.

Areal gereja ini terbilang cukup luas dengan kelengkapan bangunan meliputi gereja induk, pendapa, gua yang terdapat patung Maria berukuran besar, areal makam, taman nan hijau, serta lintasan Jalan Salib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com