Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankan Paskah, Polda Metro Kerahkan 4.300 Polisi

Kompas.com - 27/03/2013, 18:15 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang perayaan Paskah, Polda Metro Jaya mengerahkan 4.300 personel untuk mengamankan pengamanan seluruh gereja di wilayah ibu kota dan sekitarnya.

"Ada 4300 personil yang akan melakukan pengamanan baik di gereja besar ataupun gereja kecil," kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, di Mapolda Metro Jaya, Rabu (27/3/2013).

Rikwanto menambahkan, sebanyak 4300 personel tersebut berasal dari polsek ataupun polres yang kemudian dibagi untuk mengamankan gereja-gereja di wilayahnya masing-masing.

Untuk pengamanan gereja berukuran kecil, akan ditempatkan lima sampai 10 personel polisi. Sementara untuk gereja besar akan ditugaskan 20-25 personel polisi di sekitar lingkungan gereja.

"Semua gereja secara khusus, ada beberapa gereja yang kita prioritaskan, seperti gereja Kathedral dan Gereja Immanuel," ujar Rikwanto.

Untuk memaksimalkan pengamanan gereja besar, maka kepolisian juga akan menempatkan detektor logam di pintu masuk gereja.

Selain itu, akan dilakukan pemeriksaan tas semua orang yang akan memasuki gereja. Sedangkan durasi pengamanan akan disesuaikan dengan kebutuhan.

"Ada yang sejak tanggal 28, 29, sampai tanggal 31. Jadi satu hari sebelum ibadah sudah ada tim untuk sterilisasi," ujar Rikwanto

Sementara itu, terkait konflik antara warga dengan gereja HKBP di Kabupaten Bekasi, kepolisian menyiagakan kurang lebih 300 personel untuk pengamanan Paskah di sana.

"Iya memang di sana (Kabupaten Bekasi) sedang terjadi permasalahan. Untuk hal itu, nanti akan disesuaikan dengan potensi gangguan keamanan yang mungkin terjadi," kata Rikwanto.

Pada Kamis (28/3/2013), umat Kristiani akan memulai rangkaian perayaan Paskah dengan misa atau kebaktian Kamis Putih untuk mengenang perjamuan terakhir Yesus Kristus bersama para muridnya.

Lalu pada Jumat (29/3/203), perayaan dilanjutkan dengan memperingati wafatnya Isa Al Masih, dikenal sebagai Jumat Agung.

Sementara pada hari Sabtu, umat Kristiani menyambut malam Paskah yang dilanjutkan dengan merayakan kebangkitan Yesus Kristus pada Minggu (31/3/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com