Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Senjata Tajam Terjaring Razia Polres Mimika

Kompas.com - 24/03/2013, 03:06 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis

TIMIKA, KOMPAS.com - Puluhan senjata tajam terjaring dalam razia senjata tajam yang digelar Kepolisian Resort Mimika, di Kota Timika, Sabtu (23/3/2013) sore hingga malam. Razia senjata tajam yang dipimpin Kapolres Mimika, AKBP Jermias Rontini, digelar di sejumlah jalan utama di Kota Timika yang ditujukan pada pengendara kendaraan bermotor roda dua dan empat.

Menurut Aipda Hempi Ona, Paur Humas Polres Mimika, kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi penyalahgunaan senjata tajam dan meminimalisir aksi kriminal sehingga tercipta rasa aman terhadap warga Kota Timika.

"Seperti yang terjadi di lokasi dulang, areal pengendapan Tailing Kali Kabur mil 34 pekan lalu, akibat warga yang membawa senjata tajam sehingga saat terjadi bentrok banyak warga yang menjadi korban," urai Hempi.

Peningkatan patroli rutin dan razia sajam ini merupakan upaya menjaga situasi yang sudah kondusif pasca-ketegangan, imbas bentrok kelompok pendulang yang menewaskan 6 orang dan 4 orang terluka, pekan lalu (15/3/2013). Dari pantauan Kompas.com dalam razia sore hingga malam itu, aparat kepolisian menyita berbagai jenis senjata tajam seperti sangkur, badik, parang dan senapan angin.

Menurut Hempi, untuk senjata tajam yang biasa dipakai berkebun ataupun berburu bisa diambil kembali pemiliknya di Mapolsek Mimika Baru, setelah mendapat penjelasan dari aparat kepolisian, sementara untuk senjata tajam yang diperuntukkan membunuh tetap akan disita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com