Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TKP Gadis Diperkosa Sering Dijadikan Tempat Mesum

Kompas.com - 14/03/2013, 08:57 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Lahan yang diduga menjadi tempat belasan pria melakukan tindakan pemerkosaan pada gadis N (15) di Jakarta Timur, memang dikenal rawan. Lokasi nan sepi yang terletak di wilayah Cijantung, dekat Jalan Raya Bogor, Pasar Rebo, Jakarta Timur itu kerap dijadikan tempat mesum oleh muda-mudi.

Harry Putra (24), salah seorang pemuda yang tinggal tak jauh dari lokasi itu, mengatakan, lahan yang kerap menjadi tongkrongan anak muda tersebut, biasa disebut "lapangan turna", yang berarti "turun-naik". Sebutan itu muncul lantaran struktur tanah akses menuju ke sana berupa jalan setapak tanjakan dan turunan.

"Memang rawan di situ. Kan lokasinya gelap dan rada jauh dari permukiman warga. Banyak anak-anak tanggung sering ke sana," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (14/3/2013) pagi.

Terlebih menjelang larut malam atau akhir pekan, muda-mudi —baik berpasang-pasangan ataupun berkelompok— semakin banyak yang nongkrong di sana. Tak tahu apa yang mereka lakukan. Namun, pada pagi hari tak jarang warga setempat kerap menemukan alat kontrasepsi bekas, botol minuman keras, dan puntung rokok.

Dita Handayani (25), seorang warga lainnya, mengatakan, warga melalui perangkat RT dan RW setempat diketahui sempat melarang anak muda tersebut untuk nongkrong di lahan kosong itu. Namun, teguran tersebut hanya bertahan beberapa waktu saja. Selebihnya, muda-mudi itu terus saja berdatangan ke lapangan turna.

"Sampai capek warga sini bilangin. Balik lagi balik lagi, enggak tahu itu orang mana yang datang. Mau dibikin lampu, juga enggak jadi-jadi," ujarnya.

Pantauan Kompas.com Rabu siang, lahan dengan luas sekitar satu hektare tersebut tampak sepi. Dari jalan setapak, lapangan turna itu dikelilingi oleh semak-semak setinggi sekitar satu meter. Jika masuk lebih jauh, terdapat pohon mahoni yang menaunginya sehingga menambah kesan rindang.

Di beberapa bagian, tampak hanya tanah dan tak ditumbuhi rumput. Di situlah terdapat bekas kayu dibakar berikut bungkus rokok, pecahan botol, serta sampah plastik lain. Lokasi tersebut diduga menjadi tempat kejadian perkara seorang gadis 15 tahun berinisial N jadi korban kekerasan seksual oleh belasan pria.

Salah satu pria tersebut diketahui dikenal N dari situs jejaring sosial Facebook beberapa waktu silam. Diduga pria itu menjebak N di lapangan itu dan menjadikannya pelampiasan nafsu seks. Hingga Kamis pagi, N masih dirawat intensif di Rumah Sakit Polri Bhayangkara Raden Said Sukamto, Kramat Jati, Jakarta Timur, akibat trauma mendalam yang dialaminya.

Spesialis Forensik Dokter Arif Wahyono mengatakan, hasil diagnosa dokter pertama kali, menunjukkan bahwa korban telah mendapatkan tindakan kekerasan seksual. "Secara umum, fisiknya baik. Hanya ditemukan bekas kekerasan di alat kelaminnya dan ada luka di bagian tubuh lainnya," ujar Arif Wahyono, saat ditemui wartawan di rumah sakit, Rabu (13/3/2013) siang.

N ditangani tim yang terdiri dari lima orang tenaga medis spesialis, yakni SPOG, dokter spesialis anak, psikiater, dan psikolog. Kondisi fisik korban diketahui masih stabil. Tim tenaga medis tengah fokus dalam menangani penurunan kondisi mental akibat traumanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com