Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelabuhan Benoa Masih Sepi

Kompas.com - 13/03/2013, 19:20 WIB
Cokorda Yudhistira

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Aktivitas di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, masih sepi pada Rabu (13/3/2013), atau hari pertama setelah Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1935.

Hal itu disampaikan General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Benoa, Iwan Sabatini, Rabu tadi. Iwan menyebutkan, kegiatan di Pelabuhan Benoa sudah dimulai sejak Rabu pagi namun aktivitas di pelabuhan itu terlihat masih sepi.

"Di Dermaga Selatan hanya satu kapal sedang memuat perlengkapan logistik untuk melaut, sementara di Dermaga Timur hanya satu kapal cruise lokal yang sandar," tutur Iwan.

Pelabuhan Benoa dan seluruh gerbang masuk dan keluar Pulau Bali lainnya, termasuk bandara, ditutup sementara sejak Selasa (12/3/2013) pagi sampai Rabu pagi. Penutupan sementara itu diberlakukan serangkaian pelaksanaan Nyepi di Bali.

Iwan menerangkan, sarana dan prasarana di Pelabuhan Benoa sedang dan terus dibenahi agar Pelabuhan Benoa dapat menerima kedatangan kapal-kapal pesiar besar dengan ukuran panjang mencapai 300 meter.

Perbaikan sarana dan prasarana pelabuhan antara lain berupa pendalaman kolam pelabuhan dan alur masuk pelabuhan dan perkuatan konstruksi dermaga. Kedalaman pelabuhan saat ini mencapai 10 meter.

"Tahun ini pelabuhan akan diperdalam lagi sehingga kedalamannya 11 meter," ujar Iwan. Iwan menyebutkan, Pelabuhan Benoa pernah disinggahi kapal pesiar Legend of Sea yang panjangnya mencapai 264 meter. Pelabuhan Benoa direncanakan akan disinggahi kapal pesiar Seabourn Odyssey pada Jumat (15/3/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com