Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengaku "Spontan" Jambret, Dua Pemuda Dihakimi Warga

Kompas.com - 13/03/2013, 15:32 WIB
Kontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati

Penulis

PALU, KOMPAS.com — Kejahatan itu terjadi bukan karena niat pelaku, tetapi karena adanya kesempatan. Kalimat ini mungkin pas untuk menggambarkan kasus yang menimpa dua pemuda di Palu, Sulawesi Tengah, AW (22) dan SY ( 17).

Dua pemuda ini, Selasa tengah malam, sekitar pukul 23.00 Wita, melakukan aksi kriminal dengan menjambret tas Elni (53), saat melintas di Jalan Tanjung Tada, di wilayah Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Berdasarkan keterangan Kepala Kepolisian Sektor Palu Selatan Kompol Saemuda Ali keduanya membawa kabur tas milik Elni. Namun naas, aksi nekat dua pemuda ini diketahui pengendara motor lainnya yang kemudian langsung mengejar.

"Pelaku rupanya salah jalan. Mereka kebetulan masuk di lorong buntu. Di situ keduanya sempat dihakimi massa. Setelah akhirnya diserahkan ke polisi," kata Kepala Polsek Palu Selatan Saemuda Ali, Rabu (13/3/2013) .

Menurut Saemuda Ali, pelaku bukan berasal dari Kota Palu, melainkan dari Kabupaten Parigi Moutong. Dari keterangan pelaku, mereka baru lima hari berada di Kota Palu.

Saat ini tas hasil jambret, dan uang Rp 9.000 menjadi barang bukti. Kepada wartawan, pelaku mengaku aksi kejahatannya ini baru kali pertama dilakukan. "Tidak ada niat sama sekali awalnya. Pas kita lihat ada itu ibu lewat bawa tas, tiba-tiba kita tarik tasnya. Dan kita langsung lari," kata AW dengan nada penyesalan.

Nasi sudah menjadi bubur, AW dan SY kini terpaksa mendekam di sel tahanan Polsek Palu Selatan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Keduanya terancam lima tahun penjara jika dalam persidangan nanti terbukti bersalah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com