Kompas.com - 11/03/2013, 04:22 WIB
EditorBenny N Joewono

DENPASAR, KOMPAS.com - Aktivitas Pasar Badung di Kota Denpasar, Minggu malam atau dua hari menjelang Hari Raya Nyepi, tampak diserbu pengunjung dari berbagai wilayah di sekitar Ibu Kota Provinsi Bali itu.

Akibat ramainya pengunjung sehingga seluruh kawasan pasar dipenuhi oleh kendaraan bermotor. Terlihat deretan ratusan sepeda motor yang terparkir di luar dan dalam pasar yang berada di jantung kota tersebut. Begitu juga dengan mobil.

Kondisi tersebut membuat jalan menuju pasar itu, yakni Jalan Gajah Mada mengalami kemacetan yang cukup parah. Pembeli terus berdatangan membeli keperluan yang akan digunakan untuk ritual upacara menjelang hari raya umat Hindu tersebut pada hari Selasa.

Akibat banyaknya permintaan sementara pasokan barang yang terbatas, membuat harga sejumlah kebutuhan upacara keagamaan naik dari kisaran 50-100 persen.

"Saya tadi membeli canang, bunga, dan janur, semua harganya mengalami kenaikan dan cukup tinggi dari hari biasanya, mungkin karena menjelang hari raya," kata Ketut Yani, pembeli di pasar tersebut, Minggu (10/3/2013).

Sekarang harga bunga dari Rp 3.000 menjadi Rp 5.000. Begitu pula, canang menjadi Rp 1.000 per satu buahnya. Wayan Satri, pedagang perlengkapan upacara di Pasar Badung, mengatakan bahwa kenaikan terjadi setiap harinya menjelang Nyepi.

Direktur PD Pasar Denpasar I Made Westra mengatakan, berdasarkan catatan pihaknya, pedagang musiman bertambah jumlahnya sekitar 150 orang saat jelang hari raya keagamaan. Dia menjelaskan, jika pada hari biasa, jumlah pedagang tersebut sebanyak 100 orang. Namun, saat ini menjadi 250 pedagang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menjelaskan bahwa mereka berasal dari berbagai daerah di Pulau Dewata. Adapun barang dagangan yang mereka jual umumnya adalah berbagai perlengkapan untuk persembahyangan dan ritual, mulai dari janur, sarana upakara, makanan, hingga buah-buahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.