Kompas.com - 10/03/2013, 21:03 WIB
EditorTri Wahono

TABANAN, KOMPAS.com - Umat Hindu di Bali, Minggu (10/3/2013) menggelar ritual "Mapepeda" yakni mengarak binatang ternak yang akan dimanfaatkan sebagai sarana sesajian.

Binatang-binatang ternak, di antaranya kerbau, sapi, kambing, babi, dan angsa, diberi berbagai perhiasan dan diarak dari pura puseh menuju Taman Kota Tabanan, Bali.

"Ritual Mapepeda ini merupakan tahap pendahuluan dari Tawur Kesanga," kata Kepala Desa Adat Tabanan I Gede Wayan Suamba. Tawur Kesanga akan digelar Senin besok.

Upacara itu bertujuan untuk menyucikan hewan-hewan yang akan dipakai sebagai sarana "mecaru" atau penyucian diri pada Tawur Kesanga yang digelar sehari menjelang Hari Raya Nyepi yang jatuh Selasa mendatang.

"Hewan-hewan yang nantinya dipakai sebagai caru harus disucikan dulu sebelum dijadikan sarana banten dalam Tawur Kesanga," kata Wayan Suamba.

Ritual Mapepeda itu dipimpin oleh Ida Pedanda Siwa Griya Taman Sari dan diikuti oleh sejumlah pejabat Pemkab Tabanan, termasuk Bupati Ni Putu Eka Wiryastuti dan Wakil Bupati Komang Gede Sanjaya.

Selain Ida Pedanda Siwa Griya Taman Sari, upacara itu juga dipimpin Ida Pedanda Buda Griya Jadi, Ida Rsi Bujangga Griya Tasik Ngis, dan Ida Pandita Empu Griya Pangkung Prabu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara bertindak sebagai saksi adalah Raja Tabanan Ida Cokorda Anglurah Tabanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.