Kompas.com - 10/03/2013, 19:42 WIB
EditorRobert Adhi Ksp

MATARAM, KOMPAS.com - Manajemen PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok (BIL) menghentikan 11 penerbangan tujuan Bali, saat perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1935 tanggal 12 Maret 2013.

"Kondisi kembali normal pada Rabu (13/3) pagi, hanya disesuaikan dengan Hari Suci Nyepi di Bali," kata Pejabat Kehumasan PT Angkasa Pura I BIL Desmi Indra, ketika dihubungi dari Mataram, Minggu (10/3/2013).

Ia mengatakan, setiap hari ada 11 penerbangan rute Bali-Lombok-Bali yang melibatkan empat maskapai penerbangan, yakni Garuda Indonesia Airlines (GIA) satu flight, Merpati Nusantara Airlines (MNA) tiga flight, Lion Air dua flight, Trigana Air tiga flight, dan Indonesia Air Transport (IAT) dua flight.

Jumlah tempat duduk (seat) penerbangan yang tersedia dari 11 flight itu lebih dari 700 unit/penumpang.

"Seluruh penerbangan dari Lombok ke Denpasar, Bali, itu dihentikan sementara, namun hanya sehari, atau saat Nyepi saja, dan hal itu sudah menjadi tradisi yang juga telah diketahui publik," ujarnya.

Sejauh ini, pergerakan pesawat baik datang maupun pergi di BIL berkisar antara 75 kali hingga 86 kali sehari, dengan jumlah penumpang sekitar 2.400-2.700 orang setiap hari.

Jumlah maskapai penerbangan yang beroperasi di wilayah NTB meningkat dari delapan maskapai pada 2009 bertambah hingga menjadi 12 unit maskapai di 2012, namun kini tinggal 11 unit karena Batavia Air dinyatakan pailit.

BIL yang berlokasi di Tanaq Awu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, sekitar 40 kilometer arah selatan Kota Mataram, Ibukota Provinsi NTB, melayani penerbangan domestik seperti Garuda Indonesia, Merpati, Lion Air, Wings Air, Trigana Air dan rute internasional dilayani oleh AirAsia dan Silk Air.

BIL berada pada kawasan seluas 551 hektare mampu didarati pesawat Airbus 330 atau Boeing 767 dan dapat menampung 10 unit pesawat di lapangan parkir (apron).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.