Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mayat Petambang Tertimbun Longsor dalam Posisi Duduk

Kompas.com - 09/03/2013, 14:11 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Posisi kedua jenazah korban petambang di Desa Tatelu, Kecamatan Dimembe, Minahasa Utara, ditemukan dalam posisi sedang duduk berdekatan. Namun, proses evakuasi hingga Sabtu (9/3/2013) masih terus berlangsung karena medan yang sulit dan lubang yang sangat sempit.

Diperkirakan kedua korban berlindung ketika lubang yang mereka gali sedalam 30 meter longsor. Walau jenazah kedua korban sudah diketahui sejak 2 hari lalu, tetapi belum bisa dikeluarkan karena terhalang batu besar.

"Kami harus berusaha mengeluarkan batu itu dulu agar jenazah kedua korban bisa dievakuasi keluar. Sementara lubang di dalam sangat sempit dan rawan longsor," ujar Ian, salah satu petambang yang ikut menggali.

Diduga kedua korban tewas kehabisan oksigen karena lamanya proses penggalian. Saat ditemukan jenazah kedua korban sudah membusuk.

Arie Ratumbanua (31) dan Bryan Telew (21) terjebak dalam lubang penggalian emas sejak Jumat (1/3/2013). Tim Basarnas Manado dibantu warga dan para petambang tanpa henti berusaha menggali untuk menyelamatkan kedua petambang asal Desa Pinabetengan, Tompaso, Kabupaten Minahasa ini.

Sulitnya medan dan labilnya kondisi lokasi kejadian membuat upaya penyelamatan harus berjalan ekstra hati-hati. Hingga saat ini proses evakuasi masih terus berjalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com