Kompas.com - 08/03/2013, 10:46 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Seks merupakan hal penting dalam sebuah hubungan yang sehat. Dengan melakukan seks, rutin maka keintiman Anda dengan pasangan akan tetap terjaga. Namun sayangnya, seks dapat menjadi hal yang kurang menyenangkan apabila terganggu oleh kondisi medis, salah satunya ketika gejala asma kambuh.

Gejala asma yang berupa sesak napas, napas pendek, dada tercekik bisa sangat mempengaruhi kehidupan seks Anda. Banyak penderita asma yang tidak dapat menikmati seks karena gejala asma yang kambuh ketika berhubungan seks.

Seks memang merupakan kegiatan yang membutuhkan pergerakan fisik dan meningkatkan frekuensi napas, dua faktor inilah menjadi pemicu asma. Emosi yang ekstrem juga dapat memperburuk gejala asma.

Agar gejala asma tidak kambuh saat berhubungan seksual, ada beberapa hal yang harus dikendalikan. Berikut adalah beberapa cara untuk mengendalikannya :

- Hindari alergen penyebab asma. Jika bulu binatang dapat memicu asma Anda, jangan biarkan binatang masuk ke dalam kamar Anda. Selain itu rutinlah mengganti sprei dan sarung bantal untuk meminimalisasi debu yang memicu asma.

- Konsumsi obat-obatan bronkodilator. Obat-obatan ini dapat membantu mengendurkan otot pernapasan sehingga memperbesar ventilasi udara. Namun jangan menggunakannya tanpa resep dokter.

- Ubah posisi bercinta. Hindari posisi yang membutuhkan banyak tekanan di dada, dan usahakan sesering mungkin mengganti posisi untuk menghindari serangan asma. Cobalah temukan posisi yang paling nyaman yang tidak memicu gejala asma.

- Ubah waktu bercinta. Pagi menjelang siang adalah waktu yang tepat saat paru-paru Anda bekerja dengan paling baik. Saat ini mungkin dapat dimanfaatkan untuk menghindari serangan asma saat bercinta.

- Hindari rokok dan minum alkohol sebelum bercinta. Merokok dapat berakibat buruk untuk kesehatan, termasuk memicu serangan asma.

- Jalani pengobatan asma dengan rutin.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.