Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rentang IHSG 4.830-4.865

Kompas.com - 08/03/2013, 08:00 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali mencatat rekor tertinggi pada perdagangan Kamis (7/3/2013), mengikuti Dow Jones yang juga berada dalam rekor tertinggi malam sebelumnya. Hari ini, aksi ambil untung membayangi indeks.

Sentimen positif kemarin berasal dari pertumbuhan tenaga kerja oleh sektor swasta yang lebih baik dari perkiraan dan juga pernyataan bank sentral AS bahwa ekonomi saat ini sedang bertumbuh. Sektor swasta menambah tenaga kerjanya sebanyak 198.000 orang, lebih tinggi dari perkiraan yang sebesar 170.000 orang.

Beige Book Survey the Fed mengungkapkan saat ini ekonomi AS sedang bertumbuh di tengah meningkatnya permintaan rumah dan auto. Investor tampaknya juga merespons berbagai sinyal positif, baik dari AS, China, maupun Jepang yang menunjukkan arah pemulihan.

Menurut riset Panin Sekuritas, di sisi lain juga, terlihat pergerakan indeks regional masih dibayangi oleh aksi tunggu investor akan langkah yang diambil ECB dalam menyikapi kondisi politik di Italia yang tidak stabil. Hal tersebut dinilai bisa menghambat pemulihan di benua tersebut.

Dari dalam negeri, laporan keuangan dari beberapa emiten tampaknya juga menjadi perhatian pasar. Hari ini diproyeksikan IHSG akan bergerak konsolidasi di tengah ancaman aksi ambil untung. Perlu diwaspadai kenaikan IHSG kemarin tidak diiringi oleh volume. Terlihat volume justru mengalami penurunan pada perdagangan kemarin. Kisaran level dukungan dan resisten IHSG hari ini adalah di level 4.830-4.865.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com