Kompas.com - 05/03/2013, 20:05 WIB
Penulis Imanuel More
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Dedi Bahtiar (26) tertangkap basah saat tengah membobol unit anjungan tunai mandiri (ATM) di Sunter Agung, Jakarta Utara. Warga Johar Baru, Jakpus, ini pun sempat menjadi sasaran amuk warga yang berada di sekitar lokasi kejadian.

"Kejadiannya, sekitar jam 02.00 WIB dini hari. Korban sempat berputar-putar di sekitar lokasi untuk melihat situasi sebelum melancarkan aksinya," kata Komisaris Yono Suharto, Kapolsek Metro Tanjung Priok, Selasa (5/3/2013).

Setelah memastikan situasi sepi, Dedi lantas memarkirkan sepeda motornya, Honda Blade B 6858 BCJ, tepat di depan lokasi ATM OCBC NISP di Jalan Danau Agung, Blok R, RT 01 RW19 Sunter Agung. Di dalam ruang ATM, ia berupaya brankas ATM dengan menggunakan obeng, gunting, pahat, dan palu yang dibawa Dedi.

"Aksinya ternyata diperhatikan petugas keamanan setempat bernama Wandri (40)," imbuh Kapolsek.

Wandri lantas melaporkan kepada rekan-rekannya gelagat aneh yang terlihat dari balik kaca ruang ATM. Saat Wandri dan rekan-rekannya tiba, pelaku telah berhasil menjebol brankas.

"Tersangka memahat kunci brankas ATM menggunakan palu lalu mencongkelnya sehingga lobang kunci lepas," kata Kapolsek.

Melihat fakta bahwa Dedi telah membobol ATM, ia pun langsung ditarik keluar dari ruang ATM. Pria asal Bandar Lampung itu langsung menjadi sasaran amuk warga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beruntung, petugas Polsek melintas dan langsung mengendalikan situasi. Korban lantas diamankan ke Mapolsektro Tanjung Priok.

"Katanya mau menikah bulan depan tapi belum punya duit," kata Yono menjelaskan keterangan Dedi.

Karena alasan tersebut, Dedi nekat melakukan aksi membobol ATM. Hasilnya, pria tamatan sekolah dasar itu harus menjadi penghuni sel tahanan polsek untuk menjalani proses hukum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.