Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Terakhir, Cagub Jateng dari PDIP Belum Jelas

Kompas.com - 05/03/2013, 12:49 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Hingga hari terakhir pendaftaran calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Tengah 2013-2018, Selasa (5/3/2013), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) belum juga memutuskan siapa calon yang akan diusungnya. Meski begitu, sejumlah kader PDI Perjuangan sudah mempersiapkan tempat ataupun berbagai atribut yang akan dibawa saat mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Tengah.

Persiapan itu terlihat di Panti Marhaenis Jateng di Jalan Brigjend Katamso Semarang. Berbagai kostum wayang yang direncanakan digunakan untuk mengiring cagub dan cawagub dalam mendaftar sudah disiapkan.

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Nuniek Sriyuningsih mengatakan sudah mempersiapkan apa yang dibutuhkan untuk mengiringi pendaftaran. "Yang penting disiapkan semuanya, kostum wayangnya juga. Kalau ditanya siapa yang direkomendasikan sampai sekarang belum tahu," kata Nuniek.

Kostum wayang akan dipakai sejumlah orang untuk mengiring cagub dan cawagub yang akan didaftarkan. Arak-arakan akan dilakukan dengan berjalan kaki di jalan dekat KPUD Jawa Tengah di Jalan Veteran.

Pendaftaran direncanakan akan dilakukan pada pukul 20.00 WIB. Sedang pasangan calon direncanakan baru akan diumumkan petang nanti.  Seluruh DPC se-Jawa Tengah pun telah dipanggil untuk menghadiri pengumuman rekomendasi dan pendaftaran calon.

Sementara itu, Komisioner Divisi Pencalonan KPU Jateng Nuswantoro Dwi Parno mengatakan hingga saat ini baru PDI Perjuangan yang membuat janji untuk mendaftarkan calonnya. "Baru PDIP saja, katanya pukul 19.00 nanti, yang lain belum ada," ujarnya.

Menurut Nuswantoro, pihak KPU Jateng sudah mempersiapkan untuk menyambut pendaftaran pasangan cagub dan cawagub yang diusung PDI Perjuangan. Dia mengatakan, proses pendaftaran akan lancar karena sudah ada pemberitahuan sebelumnya.

Berdasarkan informasi yang terhimpun, rekomendasi cagub dan cawagub dari PDI Perjuangan baru akan ditandatangani oleh DPP PDI Perjuangan siang ini. Rekomendasi tersebut akan dibacakan di Semarang dan kemudian langsung didaftarkan ke KPUD sesuai rencana. Ada kemungkinan pendaftaran akan dilakukan malam hari.

Sejumlah nama yang sempat muncul dari internal PDI Perjuangan yakni Wakil Gubernur Jateng Rustriningsih, anggota DPR RI Ganjar Pranowo, Bupati Klaten Sunarno, Bupati Sumedang Don Murdono, dan Mantan Bupati Wonogiri Begug Purnomosidi. Dari luar partai, ada nama Sekda Provinsi Jawa Tengah Hadi Prabowo, Ketua DPD Partai Hanura Jateng Joko Besariman, Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Abdul Wachid dan sutradara Garin Nugroho.

Hingga saat ini, baru ada satu pasangan calon yang mendaftar yakni Gubernur petahana Bibit Waluyo yang berpasangan dengan Rektor Unnes Sudijono Sastroatmodjo pada Senin (4/3/2013) kemarin. Keduanya diusung partai koalisi dari Partai Demokrat, Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com