Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.500 Petugas Jaga KPU Jabar

Kompas.com - 03/03/2013, 11:44 WIB
Rini Kustiasih

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Kepolisian Resor Kota Besar Bandung mengerahkan 1.500 personel, untuk mengamankan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Minggu (3/3/2013).

Pengamanan yang ketat ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan demonstrasi dan gangguan, dalam rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Gubernur Jabar 2013.

Kepala Polrestabes Bandung Komisaris Besar A Rakhman Baso mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan dari sejumlah elemen masyarakat yang berencana melakukan unjuk rasa di kantor KPU Jabar.

"Ada sekitar 1.000 orang, yang dilaporkan kepada kami, akan melakukan unjuk rasa. Mereka antara lain dari Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI), pendukung pasangan calon nomor lima (Rieke-Teten), dan BEM se-Bandung Raya," katanya.

Namun, hingga rapat rekapitulasi dimulai pukul 11.00 WIB, massa yang berencana berunjuk rasa belum datang. Meski demikian, pihak kepolisian sudah membuat sejumlah skenario, seandainya massa pengunjuk rasa datang. 

"Praktiknya nanti kita lihat. Jalan Laswi akan ditutup dan dijadikan satu arah, jika massa yang datang jumlahnya besar. Ada rencana pengalihan jalan menuju Laswi, bahkan jalan bisa ditutup sepenuhnya," kata Baso.

Ia berharap, massa yang datang berunjuk rasa bersikap dewasa dan tidak sampai berbuat kerusakan. "Kami menyiapkan petugas di ring 1,2, dan 3 untuk memastikan rekapitulasi penghitungan suara berjalan lancar," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com