Kompas.com - 28/02/2013, 15:19 WIB
|
EditorFarid Assifa

DENPASAR, KOMPAS.com -- Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali belum menetapkan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang berhak berlaga di Pemilihan Gubernur Bali 2013, perang baliho sudah terjadi hampir di seluruh Bali.

Baliho-baliho raksasa dua cagub dan cawagub yang mendaftar ke KPU mulai terpampang di perempatan jalan-jalan protokol sejak beberapa pekan terakhir. Dari pantauan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Provinsi Bali, tak hanya di dunia nyata, suhu politik di dunia maya pun juga ikut memanas dengan posting-posting di media sosial yang potensial terjadinya intimidasi.

Bahkan Panwaslu juga mulai mencium indikasi pejabat pemerintahan yang memihak cagub-cawagub tertentu. Panwaslu hari ini, Kamis (28/02/2013) mengirimkan surat imbauan mencegah potensi kerawanan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar, serta Bupati dan Wakil Bupati seluruh Bali.

Karena saat ini masih dalam proses verifikasi dan belum penetapan cagub-cawagub, Panwaslu tidak bisa menindak dan hanya sebatas memberi iimbauan.

"Pasangan bakal calon belum bisa dikenakan aturan pemilukada maupun sanksi, kami belum punya kewenangan," ujar Ketua Panwaslu Bali, I Made Wena saat konferensi pers di Denpasar, Kamis siang tadi.

Ada 4 poin penting dalam surat imbauan tersebut. Pertama, melakukan langkah-langkah pencegahan dini terhadap potensi kerawanan Pilkada 2013. Kedua mendorong terwujudnya Pilkada 2013 yang tertib, demokratis, dan bermartabat. Poin ketiga, segera tertibkan alat peraga, dan yang terakhir melakukan antisipai pemasangan alat peraga sosialisasi oleh pasangan cagub dan cawagub setelah ditetapkan oleh KPU Bali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X