Kompas.com - 26/02/2013, 19:53 WIB
Penulis Fabio Lopes
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia akan memberlakukan sistem tiket elektronik, yang menurut rencana akan diterapkan pada akhir Maret 2013. Sistem itu akan dijalankan terlebih dahulu pada lintas Jakarta-Bogor.

"Akhir maret ini ditujukan untuk lintas Jakarta-Bogor. Sebulan kemudian untuk lintas untuk lintas Bekasi. Setelah itu hadir untul lintas Tangerang dan Serpong," ujar Presiden Direktur PT KAI, Ignasius Jonan, saat ditemui di Jakarta, Selasa (26/2/2013).

Jonan mengungkapkan, dengan kehadiran sistem tiket elektronik akan menciptakan ketertiban yang lebih baik dalam pembelian tiket. Selain itu, akan diusahakan untuk penentuan harga tiket  berdasarkan segmen perjalanan. Saat ini, baik jarak jauh maupun dekat, dikenakan harga tiket yang sama

"Jika pembayaran tiket berdasarkan segmen dengan menggunakan cara manual, dikhawatirkan penumpang akan memanfaatkannya dengan membeli tiket dengan harga jarak dekat, tapi teryata turun jarak jauh. Namum jika menggunakan tiket elektronik etika melakukan aksi itu, maka akan ditolak oleh sistem komputer yang ada pada e-ticketing. Penumpang tersebut akan dikenakan denda," papar Jonan.

Jonan pun mengakui, sistem tiket elektronik ang dibuat PT KAI, memiliki kesamaan konsep dengan penggunaan kartu seperti single trip, multitrip, dan jakcard, sebagai alat pembayaran dalam sistem tiket elektronik bus Transjakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.