Kompas.com - 26/02/2013, 11:34 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

JAYAPURA, KOMPAS.com — Kepala Polda Papua Irjen Pol Tito Karnavian mengakui, faktor alam hingga saat ini menjadi penyebab utama sulitnya mengungkapkan berbagai kasus penembakan yang terjadi di Papua. Kesulitan tersebut juga dialami dalam mengungkap kasus penembakan yang terjadi di Sinak.

"Kondisi alam menjadi penyebab utama sulitnya mengungkap berbagai kasus penembakan yang terjadi di Papua," kata Irjen Pol Tito di Jayapura, Selasa (26/2/2013), saat ditanya mengenai sangat minimnya kasus penembakan oleh kelompok sipil bersenjata yang berhasil diungkap.

Dikatakan Tito, dengan kondisi alam yang demikian menyulitkan, menyebabkan para pelaku juga sulit ditangkap. Walaupun demikian, Tito menegaskan, bukan berarti kasus tersebut tidak diusut hingga tuntas. Sebab, jika suatu saat para pelaku tertangkap, maka kasusnya akan dibuka kembali.

Menurut Tito Karnavian, para pelaku penembakan biasanya langsung melarikan diri ke hutan setelah melakukan aksinya, sehingga menyulitkan polisi saat melakukan pengejaran. Tito berharap, berbagai kasus penembakan tetap ditangani dan ditindaklanjuti karena polisi sudah mengantongi sejumlah nama. Polisi juga mengharapkan bantuan masyarakat, bila bertemu orang yang dicurigai agar segera melaporkan ke pos polisi atau pos keamanan terdekat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.