Kompas.com - 25/02/2013, 17:42 WIB
EditorPalupi Annisa Auliani

KUPANG,KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan siklon tropis Rusty mulai menghampiri wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (15/2/2013) siang. Badai akan memicu terjadinya angin kencang.

"Siklon tropis Rusty berpusat di 17,5 derajat Lintang Selatan dan 118,3 derajat Bujur Timur, atau sekitar 870 kilometer dari barat daya Pulau Sabu," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi dan Geofisika Kelas II El Tari Kupang, Syaiful Hadi, di Kupang, Senin (25/2/2013).

Angin kencang akibat siklon tropis itu, kata Syaiful, juga berdampak pada tinggi gelombang laut di wilayah selatan NTT dan wilayah perairan lain. Dia menyebutkan tinggi gelombang laut di perairan NTT diperkirakan bisa mencapai lima sampai enam meter.

Menurut Syaiful, saat ini siklon tropis Rusty bergerak ke arah timur tenggara dengan kecepatan dua kilometer per jam, menjauhi wilayah Indonesia. "Siklon itu memicu kecepatan angin berkisar 25-40 kilometer per jam dan hujan berpotensi terjadi hingga tiga hari ke depan," katanya.

Syaiful mengatakan, dampak siklon itu akan meliputi wilayah perairan Kupang, Flores Barat, dan Pulau Sumba. Karenanya dia mengingatkan perusahaan pelayaran dan para nelayan agar berhati-hati kalau melayari wilayah perairan itu

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X