Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertinggal Aher, Rieke Ogah "Lempar Handuk"

Kompas.com - 24/02/2013, 16:26 WIB
Lariza Oky Adisty

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil quick count menunjukkan pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar mengungguli pasangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki. Meski demikian, Rieke menegaskan belum mau "melempar handuk" (menyatakan kalah).

"Kepada para simpatisan, kader dan relawan jangan sampai berkecil hati. Suara yang masuk dalam quick count ini baru 400 sampai 450 suara sementara di wilayah Jawa Barat ada 76.000 TPS. Yang penting kawal terus prosesnya," jelas Rieke di kediamannya di Jl Ahmad Dahlan, Kukusan, Depok, Minggu (24/2/2013).

Menurut Rieke, hingga saat ini belum ada pihak yang menang dan kalah. Sehingga, ia akan terus berjuang hingga penghitungan cepat berakhir. Karena itulah ia merasa belum merasa perlu mengucapkan selamat kepada pihak manapun.

Namun, dia juga menekankan bahwa perjuangannya ini bukanlah sekadar bahwa ia dan Teten ingin menjadi pimpinan Jawa Barat. "Ada 49,1 juta rakyat Jawa Barat yang hidupnya sedang dipertaruhkan untuk lima tahun ke depan," ujarnya.

Pemeran Oneng dalam sitkom Bajaj Bajuri ini juga menekankan pentingnya pengawalan dalam penghitungan suara karena masih banyak warga Jawa Barat yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya. Misalnya staf dan pasien Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung yang tidak bisa mencoblos karena kurangnya kertas suara.

"Kenapa bisa kertas suara tidak ada, padahal dari 1,4 triliun dana untuk pilkada, 12 miliar di antaranya dialokasikan untuk kertas suara. Dan semua uang itu dari rakyat," kata Rieke lagi.

Hasil quick count menunjukkan Rieke-Teten masih tertinggal di posisi kedua. Namun, mereka unggul di atas pasangan Dede Yusuf-Lex Laksamana yang sebelumnya lebih diunggulkan, serta Yance-Tatang dan Dikdik-Cecep.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com