Kompas.com - 22/02/2013, 15:06 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

CILACAP, KOMPAS.com — Petugas Kepolisian Resor Cilacap, Jawa Tengah, menyita 110.680 pil dextro dari tersangka Trs (48), warga Desa Sidamulya RT 003 RW 005, Kecamatan Sidareja. Petugas juga menemukan bukti transfer bank sebesar Rp 6 juta.

Kepala Subbagian Humas Polres Cilacap Ajun Komisaris Siti Khayati, Jumat (22/2/2013), mengatakan, penyitaan pil dextro dan penangkapan terhadap Trs ini dilakukan berkat informasi dan laporan dari masyarakat yang resah karena peredaran obat tersebut semakin marak. "Trs diduga sebagai penjual sekaligus bandar pil dextro," ujarnya.

Setelah menangkap Trs, lanjut Siti, petugas menggeledah rumah pelaku dan menemukan barang bukti berupa 108 bungkus pil dextro yang masing-masing berisi 1.000 butir dan 132 bungkus yang masing-masing berisi 20 butir. Secara keseluruhan berjumlah 110.680 butir pil dextro.

Menurut dia, semua barang bukti tersebut telah disita. Sementara pelaku masih dalam proses penyidikan Satnarkoba Polres Cilacap guna mengembangkan kasus tersebut.

Menurut Siti, pelaku dijerat dengan Pasal 197 juncto Pasal 106 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan karena mengedarkan obat daftar G dan W tanpa izin edar dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara dan denda maksimal Rp 1,5 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.