Kompas.com - 19/02/2013, 17:53 WIB
|
EditorFarid Assifa

AMBON, KOMPAS.com -- Masyarakat di Kecamatan Tanimbar Utara, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Maluku mengeluhkan sarana jalan di daerahnya rusak parah, namun hingga kini belum diperbaiki juga. Padahal, jalan itu merupakan akses utama penghubung sejumlah desa di Kecamatan Tanibar Utara.

Salah satu tokoh masyarakat Maluku Tenggaran Barat, Markus Barutresia kepada Kompas.com melalui telepon selulernya, Selasa (19/2/2013) sore mengatakan, kondisi ruas jalan di Kecamatan Tanimbar utara saat ini sangat sulit dilewati kendaraan. Hal ini karena hampir sebagian besar badan jalan berlubang. Bahkan, di sejumlah titik jalan aspalnya mengelupas.

"Sudah hampir dua belas tahun kondisi jalan di sini rusak. Jalannya penuh lubang, malahan ada sejumlah titik jalan yang tidak lagi dilapisi aspal," keluh Markus.

Ia mengungkapkan, akibat jalan rusak, banyak kendaraan angkutan umum kerap mengalami kecelakaan. Kondisi itu tentu saja sangat mengganggu aktivitas warga, khususnya dalam mendistribusikan hasil bumi dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Sudah beberapa kali kendaraan umum mengalami kecelakaan, kasihan sekali warga juga mengeluh karena selalu terganggung dengan kondisi ini," ungkapnya.

Menurutnya, saat ini warga selalu berharap Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggaran Barat dan juga Pemprov Maluku segera memperbaiki jalan rusak tersebut agar aktivitas perekonomian warga dapat berjalan lancar.

"Sarana jalan itu sangat penting untuk memperlancar transaksi ekonomi masyarakat. Jujur saja, warga selalu mengeluhakan kondisi ini, makanya mereka berharap pemerintah segera memperbaiki jalan ini," harapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.