Kontrak Lima Rig Diperpanjang

Kompas.com - 19/02/2013, 04:41 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS - PT Apexindo Pratama Duta Tbk menandatangani kontrak perpanjangan jasa lima rig Blok Mahakam dengan Total E&P Indonesie pada Senin (18/2) di Jakarta. Perpanjangan perusahaan nasional ini mendapat dukungan dari Satuan Kerja Khusus Pelaksanaan Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi. Sebagai kontraktor, Apexindo diharapkan dapat menuntaskan 110 dari 258 sumur eksplorasi yang dicanangkan dalam tahun pengeboran 2013.

Kontrak yang ditandatangani Wakil Presiden Direktur Apexindo Zainal Abidinsyah Siregar dan Presiden Direktur Total E&P Indonesie (TEPI) Elisabeth Proust tersebut bernilai 590 juta dollar AS atau sekitar Rp 5,4 triliun. Tingkat komponen dalam negeri (TKDN) kontrak mencapai 76 persen yang setara dengan 450 juta dollar AS atau Rp 4,2 triliun. TKDN ini melebihi dari yang ditargetkan Satuan Kerja Khusus Pelaksanaan Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), yakni 60-65 persen.

Zainal mengatakan, investasi untuk kelima rig sepenuhnya berasal dari Apexindo, 75 persen dari pendapatan, sedangkan 25 persen sisanya dari perputaran uang perusahaan.

”Kelima rig sepenuhnya milik Apexindo, jadi 100 persen milik WNI. Sebagaimana seharusnya, perusahaan dalam negeri lah yang mesti memetik manfaat dari Blok Mahakam,” kata Sekretaris SKK Migas Gde Pradyana.

Dua tahun terakhir

Kelima rig yang diperpanjang kontraknya terdiri dari tiga swamp barge rig atau rig rawa dan dua jack up rig atau rig lepas pantai. Zainal mengatakan, program rig lepas pantai sudah dilakukan oleh Apexindo dalam dua tahun terakhir.

”Selama ini belum ada perusahaan nasional yang mampu melakukan pengeboran lepas pantai. Sekarang perusahaan nasional sudah mampu melayani kebutuhan minyak dan gas dalam negeri yang kebutuhannya sangat tinggi,” kata Zainal. (K05)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.