Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Berbagi Motivasi kepada Anak-anak Jalanan!

Kompas.com - 18/02/2013, 16:56 WIB
Caroline Damanik

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar 55 persen anak-anak jalanan ternyata menyimpan mimpi untuk pekerjaan dan masa depan yang lebih baik serta pengembangan karakter yang positif. Mereka ingin perubahan dan mereka butuh kesempatan untuk mengubah hidup mereka.

Butuh orang yang mau berbagi kepada mereka bahwa cita-cita dan mimpi harus diperjuangkan. Butuh orang yang mau menginspirasi mereka bahwa perlu kerja keras, kreativitas dan inovasi untuk mewujudkan mimpi.

Komunitas pemerhati kesejahteraan anak, Sahabat Anak, mengajak masyarakat umum untuk turut serta mendukung cita-cita anak-anak jalanan tersebut melalui kampanye Karya Anak Indonesia (KADO). Siapa pun bisa membantu anak-anak jalanan untuk mewujudkan karya dan impian mereka hanya dengan menyediakan waktu untuk menjadi relawan pendamping.

Syaratnya, calon relawan harus berusia minimal 19 tahun pada tahun ini. Calon relawan juga harus memiliki minat terhadap pelayanan anak dan bersedia menandatangan Komitmen Perlindungan Anak serta bersedia menghadiri pelatihan pendamping penuh waktu paling tidak satu kali dan acara KADO yang akan digelar tanggal 28 April mendatang.

Calon relawan diminta untuk mengisi kuesioner dalam formulir pendaftaran yang bisa diunduh di laman berikut ini. Lalu kirim formulir aplikasi ke email volunteer@sahabatanak.com.

Berbagi motivasi

Kampanye KADO muncul setelah Sahabat Anak melakukan survei "Kapsul Impian" kepada 1.000 anak jalanan pada tahun 2012. Survei menunjukkan 55 persen anak jalanan memimpikan pekerjaan dan masa depan yang lebih cerah.

Tahun ini, kampanye KADO akan mengangkat tema "Aku Berharga, Aku Berkarya". Sejak awal pula, kampanye ini memang mengharapkan sebanyak mungkin partisipasi dari masyarakat untuk mendorong aspirasi pengembangan diri anak-anak jalanan di wilayah Jabodetabek.

"Motivasi dan semangat merupakan kata kunci bagi anak-anak kaum marjinal dalam meraih pekerjaan dan kesempatan yang mereka impikan. Sahabat Anak mengajak pihak yang peduli untuk ambil bagian menjadi agen perubahan yang senantiasa memberi motivasi dan semangat bagi adik-adik kami," kata Ketua Panitia KADO, Rama Adi Putra, dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Kampanye KADO akan terbagi dalam dua tahap, yaitu Proyek Impian "Aku dan Sekitarku" yang diikuti oleh 500 anak jalanan dan 250 sukarelawan serta Jambore Sahabat Anak yang diikuti oleh seribu anak dengan 500 sukarelawan pendamping.

Dalam proyek Impian "Aku dan Sekitarku", anak-anak jalanan berusia 10-15 tahun di Jabodetabek akan dikumpulkan dalam kelompok-kelompok tertentu bersama lima relawan pendamping. Kelompok-kelompok ini akan diberi waktu dua bulan untuk menghasilkan suatu karya berupa produk, aksi atau pameran yang memiliki manfaat bagi lingkungan.

Setiap kelompok akan dibekali modal awal sebesar Rp 50.000 dan diperbolehkan untuk mencari sponsor dalam mengelola proyek mereka dengan memanfaatkan jejaring sosial yang ada berdasarkan kerangka waktu, anggaran dan rencana kerja. Kegiatan ini diharapkan bisa mengajarkan kepada anak-anak untuk menghargai proses.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com