Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Koleksi Desainer hingga Konsultasi Fashion

Kompas.com - 15/02/2013, 06:28 WIB

KOMPAS.com - Berkunjung ke Jakarta Convention Center pada 14-17 Februari 2013 ini, Anda akan mendapatkan pengalaman unik seputar fashion yang merupakan bagian penting dari industri kreatif di Indonesia Fashion Week (IFW). Dengan membayar tiket Rp 20.000, ajang yang disebut fashion movement ini menyuguhkan Anda dengan beragam karya kreatif buatan desainer dan pelaku industri mode Indonesia.

Utamanya, Anda bisa menelusuri kekhasan budaya nusantara lewat balutan busana modern yang cocok untuk kalangan urban. Koleksi busana bermuatan lokal dengan selera global. Baik dalam lini busana wanita, pria, anak-anak, busana muslim, mulai model kasual hingga cocktail dress, busana harian hingga busana pesta yang mewah.

Meski begitu, Indonesia Fashion Week yang memasuki tahun kedua ini tak sekadar menampilkan koleksi busana, baik di panggung mode mau pun di area pameran yang melibatkan 502 brand. Ragam kegiatan dan penawaran menarik juga bisa Anda telusuri di IFW 2013.

Bersama desainer Ichwan Thoha di booth "Dulux" IFW 2013, Anda bisa berkonsultasi seputar penampilan. Ichwan yang merupakan pengasuh rubrik konsultasi Fashion Kompas Female membuka ruang konsultasi sejak hari pertama penyelenggaraan IFW 2013. Di hari kedua IFW 2013, Anda bisa berkonsultasi dengannya secara langsung mulai pukul 15:00-17:00. Konsultasi berikutnya berlangsung Minggu, 17 Februari 2013 pada jam yang sama. Ichwan juga memberikan penawaran khusus kepada pengunjung IFW 2013 yakni dengan penjualan berbagai koleksinya (busana dan aksesori pria-wanita) dengan harga maksimal Rp 200.000.

Sementara desainer Indonesia yang memulai kariernya di New York, Ardistia Dwiasri (Ardistia New York) menempati booth di IFW 2013 yang disebut Exclusive Pop Up Shop. Selama empat hari mulai pukul 10:00 hingga 21:00 Anda leluasa mendatangi booth ini untuk menikmati koleksinya. Tak hanya itu, Ardistia juga menampilkan koleksi terbaru dan koleksi terbtas dengan penawaran khusus selama IFW 2013 berlangsung. Anda juga berkesempatan mendapatkan undangan VIP untuk fashion show Ardistia New York (Sabtu, 16 Februari 2013).

Lain lagi dengan desainer Era Soekamto yang bergandengan tangan dengan organisasi sosial Sahabat Wanita menampilkan karya unik di IFW 2013. Bersama Sahabat Wanita, Era yang merupakan Creative Director Iwan Tirta Private Collection, mengembangkan Unique Indonesia. Unique Indonesia adalah sebuah inisiatif pemberdayaan perempuan dan sebuah label aksesoris dari Sahabat Wanita yang didukung oleh Era Soekamto. Iwan Tirta Private Collection yang juga punya misi sama dalam pemberdayaan perempuan, menyediakan bahan batik yang digunakan pada produk Unique Indonesia.

Di booth Unique Indonesia, Anda bisa berburu aksesoris fashion buatan tangan dari bahan limbah kain, benang dan plastik yang diproduksi oleh para wanita dari kalangan prasejahtera dan merupakan bagian dari kelompok binaan Sahabat Wanita. Produk Unique Indonesia tak hanya gaya dan modis, namun memiliki misi mengedukasi dan memberdayakan perempuan Indonesia melalui pemberian keterampilan seni, bisnis, dan akses pemasaran.

Satu lagi yang juga menarik adalah booth sarung. Indonesia Fashion Week sejak jauh hari telah mensosialisasikan kreasi sarung sebagai salah satu produk fashion bernilai budaya. Selain menggelar Sarung Mobbed di Jakarta beberapa waktu lalu, IFW juga menggelar kompetisi merancang busana terinspirasi dari sarung. Di IFW 2013, Anda juga bisa mencari inspirasi mengkreasikan busana dengan sarung. Sejak hari pertama IFW 2013, demo kreasi sarung digelar. Jika sebelumnya desainer Irna Mutiara bersama tabloid Nova mengadakan workshop kreasi sarung, pada Sabtu 16 Februari 2013, Anda bisa menggali inspirasi dari kegiatan demo utak-atik sarung kreatif di area Main Lobby mulai pukul 12:00.

Penasaran dengan ragam koleksi dan kegiatan unik serta penawaran menarik ini? Anda bisa menelusurinya langsung di Indonesia Fashion Week 2013.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com