Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demokrat Belum Rekomendasi Soekarwo di Pilgub Jatim

Kompas.com - 14/02/2013, 14:03 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Timur Soekarwo ternyata belum mendapatkan rekomendasi dari Partai Demokrat untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur. Padahal, pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu sudah menyatakan mencalonkan diri lagi dengan pasangan Saifullah Yusuf, yang saat ini menjadi Wakil Gubernur Jatim.

Belum turunnya rekomendasi partai kepada Soekarwo itu dibenarkan oleh Wakil Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jatim Partai Demokrat Munadi Herlambang. Menurut Munadi, turunnya rekomendasi itu hanya masalah waktu. ''Pendaftaran pilgub Jatim, kan, masih sekitar April-Mei nanti,'' kata Munadi, di Surabaya, Kamis (14/2/2013).

Lebih lanjut, Munadi menjelaskan, ada mekanisme yang harus dilalui sebelum rekomendasi itu turun, yaitu DPD membuat usulan pencalonan pada Dewan Pimpinan Pusat (DPP). ''Usulan tersebut dilampiri hasil survei elektabilitas cagub dan pasangannya dari lembaga survei yang kredibel,'' ujarnya.

Pada 9 Februari lalu, Soekarwo yang juga Ketua DPD Jatim Partai Demokrat itu memastikan akan kembali menjadi kontestan Pilgub Jatim pada Agustus nanti bersama wakilnya, Saifullah Yusuf. Keduanya juga sudah bergerilya menghimpun dukungan sejumlah partai, seperti Partai Gerindra, Partai Hanura, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Golkar.

Di lain pihak, hasil Rapat Koordinasi Daerah DPD Partai Golkar Jatim beberapa waktu lalu hanya memberikan rekomendasi kepada Soekarwo sebagai cagub Jatim 2013-2018, dan tidak menyertakan nama cawagub Saifullah Yusuf meski keduanya dipastikan kembali bersama dalam pilgub nanti.

''Tidak ada nama Gus Ipul dalam rekomendasi yang dikirim ke DPP Partai Golkar,'' kata Wakil Bendahara DPP Partai Golkar Ridwan Hisjam, Sabtu (26/1/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com