Kompas.com - 10/02/2013, 20:58 WIB
EditorBenny N Joewono

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Sejumlah penjual burung pipit yang berdagang di beberapa wihara Kota Bandarlampung, mengaku untung pada perayaan tahun baru Imlek 2013. Menurut salah satu penjual burung pipit di Wihara Thai Hin Bo, Bandarlampung, Minggu, banyak pengunjung wihara membeli dagangannya.

"Harga burung pipit mencapai Rp2.000 per ekor. Hari ini saya membawa 100 ekor burung pipit untuk dijual di wihara," kata Pundi (42), salah satu pedagang musiman burung pipit, Minggu (10/2/2013).

Dia mengatakan, penjualan burung pipit dari pagi hingga siang hari ini laris, karena banyak pengunjung wihara yang membeli dagangannya untuk keperluan ibadah. Ia mengaku, setiap perayaan Imlek selalu berdagang di wihara untuk mendapatkan keuntungan.

Warga Tionghoa yang ingin memanjatkan doa di wihara sangat terbantu dengan adanya pedagang burung pipit itu. "Sangat terbantu dengan adanya pedagang burung pipit, yang sedianya dapat digunakan untuk menghapus dosa," kata Lia (24), salah satu pengunjung wihara.

Dia mengatakan, burung pipit digunakan untuk keperluan berdoa menghapus dosa. "Dengan menerbangkannya maka akan dihapus setiap kesalahan yang pernah dibuat selama ini. Untuk harga, cukup murah hanya Rp 2.000/ekor, itu sudah sangat terjangkau," katanya.

Hal senada pun diungkapkan pengunjung lainnya. Keberadaan penjual burung pipit mempermudah mereka dalam melaksanakan ibadah. "Dengan adanya penjual burung pipit itu mempermudah ibadah, karena hal tersebut bagian dari memanjatkan doa," kata Riki (32), salah satu pengunjung wihara.

Ia mengatakan, di tahun ular air ini diharapkan dapat lebih baik dari kemarin, dan dipermudah dalam segala hal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.