Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Siswa SMK 1 Demak Sambut Hari Valentine

Kompas.com - 09/02/2013, 15:17 WIB
Kontributor Demak, Ari Widodo

Penulis

DEMAK, KOMPAS.com - Umumnya, peragaan busana digelar di catwalk yang gemerlap. Namun, peragaan busana di SMKN 1 Sayung, Demak, Sabtu (9/2/2013) , di luar kebiasaan itu. Dengan memanfaatkan properti seadanya, lapangan sekolah diubah menjadi panggung catwalk yang sederhana dan natural, tanpa meninggalkan nilai estetika.

Peragaan busana batik yang disinergikan dengan teater, menjadi sebuah pertunjukan menarik sehingga membentuk dramaturgi fashion. Terlebih, sebanyak 34 buah busana yang diperagakan keseluruhannya merupakan hasil kreasi para siswi kelas XII jurusan Busana Butik yang diproduksi dalam rangka Ujian Kompetensi Keahlian Tahun Pelajaran 2012/2013.

Sebelum peragaan busana dimulai, pertunjukan diawali dengan sekumpulan anak yang memainkan sejumlah permainan tradisional yang kini hilang tergerus zaman.

Menurut Gigis Mohamad Afnan, Kepala SMKN 1 Sayung, batik maupun permainan tradisonal adalah hasil karya Bangsa Indonesia. Sehingga acara ini didedikasikan sebagai refleksi rasa cinta terhadap hasil karya Bangsa Indonesia yang dipadukan dengan momentum hari kasih sayang (valentine).

Selama ini masyarakat memaknai valentine hanya cinta kepada sesama. "Saatnya kita maknai cinta secara luas salah satunaya adalah mencintai budaya bangsa. Wujud nyata yang dilakukan oleh para siswa SMKN 1 Sayung yaitu memproduksi dan mengkreasikan semua jenis batik dan melestarikan permainan tradisonal yang pernah ada," kata dia.

Lina Zuliana, salah satu Desainer mengaku senang dapat menampilkan busana muslim bermotif batik hasil kreasinya. "Ini batik pesisir, warnanya lebih cerah dan mencolok," rerang Lina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com