Kompas.com - 05/02/2013, 13:01 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

KEDIRI, KOMPAS.com — Kepolisian Resor Kediri Kota, Jawa Timur, menangkap tiga tersangka pengedar dan pengguna narkoba jenis pil koplo dalam waktu yang berbeda. Dari para tersangka itu diamankan barang bukti pil koplo sebanyak 24.000 butir yang disimpan di bawah pohon kelapa pekarangan rumah.

Barang bukti itu diamankan dari tersangka Suwarto (40), warga Ngablak, Banyakan, Kabupaten Kediri, dalam penggerebekan yang dilakukan petugas pada Sabtu lalu. Petugas sempat kesulitan mencari barang bukti hingga akhirnya memperluas areal pencarian dan menemukan ribuan pil koplo di bawah pohon kelapa.

Pengungkapan tersebut berawal dari penangkapan dua tersangka lainnya, yaitu Ari Setiawan (24), warga Semampir, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, yang berprofesi sebagai operator kafe; serta Aji Puasanto (23), warga Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri.

Kepala Subbagian Humas Polres Kediri Kota Ajun Komisaris Surono mengatakan, saat ini para tersangka masih diperiksa untuk mengungkap jaringan yang lebih besar di atasnya. "Penyidikannya masih terus dilakukan. Sementara, tersangka masih kita kenakan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan," kata Ajun Komisaris Surono, Selasa (5/2/2013).

Tersangka Suwarto mengaku menyembunyikan barang bukti narkobanya di belakang rumah karena khawatir usaha jualan narkobanya itu terendus polisi. Sebab, sekitar setahun yang lalu ia baru keluar dari tahanan seusai menjalani sembilan bulan pidana akibat kasus yang sama.

"Saya bungkus tas kresek lalu saya taruh di bawah pohon kelapa," kata Suwarto.

Ia mengaku kembali mengedarkan narkoba sejak tiga bulan ini karena profesinya sebagai pengamen di terminal kurang mendapatkan hasil. Adapun pil koplo itu didapatnya dari sesama pengamen di terminal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.