Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapat Pleno KPUD Sulsel, 70 Polisi Bawa Peluru Tajam

Kompas.com - 31/01/2013, 10:22 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Hari ini, Kamis (31/1/2013), rapat pleno Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulawesi Selatan yang digelar di Hotel Singgasana, Makassar. Sebanyak 70 personel keamanan disiapkan dengan dilengkapi peluru tajam.

"Personil keamanan dari TNI/Polri sebanyak 4.000 dengan bersenjata hampa dan karet. Dari jumlah itu, sebanyak 70 orang menggunakan peluru tajam. Sebanyak 30 personil yang menggunakan peluru tajam ditempatkan di sekitar hotel Singgasana dan selebihnya, 40 personil disebar di tiga zona lainnya. Personil bisa melepaskan tembakan, jika kondisi terdesak. Di mana menggunakan peluru hampa dulu, lalu peluru karet dan terakhir peluru tajam," kata Kepala Kepolisian daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Kapolda Sulsel), Inspektur Jendral (Irjen) Polisi Mudji Waluyo kepada wartawan, di Makassar.

Dia menerangkan, emapt zona yang dijaga ketat adalah di perbatasan Kota Makassar-Kabupaten Maros, Kota Makassar-Kabupaten Gowa, Pelabuhan Internasional Sukarno Hatta Makassar dan Hotel Singgasana yang menjadi tempat rapat pleno.

Rapat pleno dimulai sekitar pukul 09.00 Wita. Dalam rapat pleno tersebut, masing-masing KPUD di Kabupaten/Kota di Sulsel memaparkan rekapitulasi hasil pemungutan suara pemilihan Gubernur.

Aparat gabungan TNI/Polri melakukan penjagaan ketat di sekitar hotel Singgasana dan sepanjang ruas jalan yang dilakukan penutupan. Dari ruas jalan penutupan jalan, Polisi juga memasang berikade kawat duri (security barrier). Selain itu, di sejumlah tempat terlihat kendaraan taktis Baracuda dan unit watercanon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com