Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Datangi Posko Timses IA, Kapolda Sulselbar Dicaci

Kompas.com - 28/01/2013, 14:18 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Kepala Polda Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, Irjen Mudji Waluyo dicaci-maki saat berkunjung ke posko pemenangan calon gubernur Sulsel Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA) di Jalan Batu Putih, Makassar, Senin (28/1/2013) siang.

Kunjungan Mudji bersama jajarannya ke tiap-tiap posko pemenangan kandidat gubernur Sulsel dilakukan, menjelang rekapitulasi surat suara yang akan dilakukan pada tanggal 30 Januari mendatang, dan Penetapan gubernur Sulsel oleh KPUD pada tanggal 1 Februari 2013 mendatang.

Di posko pemenangan IA, awalnya Mudji disambut dengan baik. Ia dan rombongan masuk ke dalam ruangan untuk menyampaikan imbauan kepada tim pemenangan. Namun, Kapolda terlebih dahulu disambut dengan pertanyaan dan cacian dari tim pemenangan.

Silih berganti, tim pemenangan IA menyampaikan kekecewaannya terhadap Kapolda Sulselbar selaku aparat penegak hukum yang menyelesaikan sejumlah rentetan kasus selama Pilgub Sulsel. Suasana pun memanas, namun Mudji tetap tenang menghadapinya.

Saat tim sukses IA, Arman, selaku koordinator di Kabupaten Wajo menyampaikan kekecawaannya, dia sambil berbicara memukul meja di hadapan Kapolda Sulsel dan jajarannya. Dia menuding, Kapolda tidak netral dan berpihak kepada pasangan petahana nomor urut 2, Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang).

"Kapolda gagal dalam mengawal Pilgub Sulsel. Polisi tidak netral dalam menjalankan amanah rakyat. Di mana, saat kasus Bupati Wajo menganiaya warganya, polisi hanya terpaku menyaksikan kejadian itu. Sampai-sampai, para korban menangis kepada kami, karena tidak dapat perlindungan hukum. Kok kasus itu tidak dituntaskan, malah para pelaku dengan santainya minum kopi di warung," katanya sambil memukul meja.

Saat pertemuan berakhir, Kapolda beserta jajarannya lalu keluar dari posko pemenangan dengan mendapat pengawalan ketat bak tersangka yang meninggalkan ruang sidang.

Di luar posko, ratusan pendukung IA menyambut Kapolda dengan teriakan cacian dan makian. Sepanjang jalan menuju ke mobilnya yang berjarak sekitar 100 meter, teriakan massa terus bersahutan. "Mundur saja sebagai Kapolda Sulselbar, tidak perlu ada polisi kalau begini. Makan itu uangnya keluarga Yasin Limpo. Polisi tidak netral, berpihak, turun saja jadi Kapolda," teriak para pendukung IA yang terdengar bersahut-sahutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com