Siklon Oswald Terbentuk

Kompas.com - 23/01/2013, 02:43 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Pusat Peringatan Siklon Tropis Jakarta menyatakan, di pusat tekanan rendah di Teluk Carpentaria, Australia, dilaporkan terbentuk siklon tropis Oswald, Senin (21/1) pukul 21.27.

Kepala Subbidang Siklon Tropis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Fachri Radjab mengatakan, siklon Oswald, Selasa, berkecepatan angin maksimum 45 kilometer per jam. Perkiraan pada Rabu melemah menjadi 35 kilometer per jam.

Kepala Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara BMKG Edvin Aldrian mengatakan, pusat tekanan rendah di Samudra Hindia sekitar Sumatera yang terbentuk saat ini mudah menjadi pusaran, tetapi belum memenuhi syarat tumbuh menjadi siklon tropis. Pembentukan pusaran perlu diwaspadai karena menarik udara dingin dari Siberia. ”Dampaknya, awan hujan makin besar di Teluk Jakarta,” ujarnya.

BMKG memperingatkan, akibat siklon Oswald, gelombang laut setinggi 4-6 meter berpeluang terjadi di Laut Arafuru bagian tengah dan timur, perairan Yos Sudarso, Samudra Hindia selatan Merauke hingga Papua Niugini, dan Teluk Carpentaria. Gelombang laut setinggi 3-4 meter berpeluang terjadi di Laut Flores, perairan Kepulauan Babar-Tanimbar, Laut Arafuru bagian barat, dan Samudra Hindia selatan Nusa Tenggara.

Siklon Oswald menimbulkan hujan di Maluku Tenggara, Papua bagian selatan dan barat, Jawa bagian timur, sebagian Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi bagian utara- selatan-tenggara, serta Kalimantan bagian selatan. (NAW)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.