Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Lintas Elemen Dukung Khofifah Cagub Jatim

Kompas.com - 22/01/2013, 14:58 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Meski Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur baru akan digelar tujuh bulan lagi, aksi dukung-mendukung calon gubernur sudah mulai tampak. Kalangan buruh lintas elemen yang tergabung dalam Gerakan Buruh/Pekerja (Gebuk) Jatim berkomitmen akan mendukung Khofifah Indar Parawansah dalam pilgub yang akan digelar Agustus nanti.

Koordinator Gebuk Jatim, Purnomo, mengatakan, dukungan itu adalah bentuk gerakan buruh dalam menciptakan kesejahteraan secara menyeluruh kepada kehidupan buruh. ''Peran seorang pemimpin daerah yang berpihak kepada buruh seperti Bu Khofifah sangat penting untuk memperjuangkan nasib buruh,'' katanya usai deklarasi dukungan, Selasa (22/1/2013).

Dia menilai, selama lima tahun kepemimpinan Soekarwo-Saifullah Yusuf, tidak ada kemajuan signifikan bagi buruh dalam memperbaiki nasibnya. Masih banyak kasus yang secara sistematis menghantui kehidupan buruh, seperti outsourcing, upah murah, dan penetapan upah minimum kota (UMK)  yang masih jauh dari harapan.

Pihak Gebuk mengklaim, organisasi yang diusungnya berisi para aktivis buruh lintas elemen besar perburuhan di Jatim yang sudah tersebar di 38 kabupaten/kota. ''Deklarasi ini akan dilanjutkan di semua daerah dan akan didukung oleh sekitar 500 buruh dan keluarga besar buruh,'' tambah Purnomo.

Meski tidak menghadiri forum deklarasi itu, Khofifah melalui sambungan telepon berjanji akan membuat konsep solusi saling menguntungkan bagi sistem perburuhan dan pengusaha di Jatim. ''Selama ini, masih ada ketimpangan antara sistem kehidupan buruh dan pengusaha. Saya akan buat konsep win-win solution agar para pengusaha dan buruh merasa nyaman ada di Jatim,'' jelasnya.

Ketua Umum Muslimat NU dan mantan cagub Jatim 2008 ini secara resmi memang belum menyatakan akan kembali merebut kursi gubernur Jatim pada pilgub nanti. Namun, dia mengisyaratkan sinyal kuat pencalonannya akan didukung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com