Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Pemantau AS Tinjau Pilgub Sulsel

Kompas.com - 22/01/2013, 13:22 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com — Sejumlah pemantau asing memantau jalannya Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan 2013, termasuk dari Amerika Serikat, Selasa (22/1/2013).

Beberapa tempat pemungutan suara (TPS) yang dipantau adalah TPS 10 Kelurahan Maricaya Baru, Kecamatan Makassar, dan TPS 01 SD Mangkura Kelurahan Sarewiganding, Kecamatan Ujungpandang, dan lainnya. Kedua TPS tersebut merupakan tempat memilih kedua kandidat, yakni Ilham Arief Sirajuddin dan Syahrul Yasin Limpo.

Menurut koordinator pemantau asing dari Kentucky University, AS, Ben Chandler, pemantauan itu merupakan wujud partisipasi dalam hal pertukaran informasi di bidang demokrasi. "Kami datang ke sini untuk membantu jalannya proses pesta demokrasi di Sulsel, Indonesia," kata Ben, ketika ditemui di salah satu TPS. 

Ia mengatakan, proses demokrasi di Indonesia sudah berjalan 15 tahun dan masih tergolong muda dan berproses. "Kami senang proses demokrasi sudah terjadi di sini, kami dulu juga mendapat pemantau dari Indonesia saat proses pemilihan Presiden Barack Obama di Amerika," ujar mantan anggota Kongres Amerika itu.

Ben menuturkan, pertukaran informasi proses demokrasi Amerika-Indonesia sudah berjalan cukup lama sehingga pihaknya diberi ruang untuk dapat melihat langsung proses jalannya demokrasi di Sulsel.

"Waktunya pas, saat pemilihan di sini, hasil pantauan ini akan dibuat laporan dan diajukan ke Pemerintah Amerika sebagai bahan masukan proses demokrasi pertukaran informasi tentang pemilu," ujarnya.

Sebelumnya, para pemantau asing ini menyempatkan berbincang-bincang dengan cagub Ilham Arief Sirajuddin di TPS 10 Kelurahan Maricaya Baru, Kecamatan Makassar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com