Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Kencang dan Hujan Deras, TPS Ambruk

Kompas.com - 22/01/2013, 08:38 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com — Pagi ini, Selasa (22/1/2013), warga Sulawesi Selatan akan memilih pasangan gubernur dan wakil gubernur. Namun, saat akan dimulai pemilihan mulai pukul 07.00 Wita, angin kencang dan hujan deras melanda Kota Makassar. Bahkan, sejumlah TPS ambruk diterjang cuaca buruk tersebut.

Angin kencang dan hujan deras yang melanda Kota Makassar membuat situasi di TPS kacau-balau. TPS yang terbuat dari tenda-tenda ambruk dan kursi plastik yang disediakan berantakan diterjang angin dan hujan.

Logistik pilkada berupa kotak pemilihan terpaksa disingkirkan ke halaman rumah warga dan surat suara serta kotak suara dimasukkan ke tempat yang teduh dan aman dari deraan angin. Alhasil, warga yang hendak memilih mencoblos di halaman rumah dan memasukkan surat suara ke kotak yang disimpan di ruang tamu untuk menghindari kerusakan.

Meski begitu, panitia TPS dan para saksi dari masing-masing pasangan calon telah hadir dan menyaksikan pemilihan berlangsung. Hanya saja, tidak tampak aparat kepolisian berjaga di TPS tersebut.

TPS yang ambruk diterjang angin kencang dan hujan deras yang terletak di TPS 20 Jalan Sungai Saddang Baru Lr Mu'min 2, Kelurahan Ballaparang, Kecamatan Rappocini, Makassar, diupayakan diperbaiki setelah terpaan angin dan hujan pun mulai reda.

Ketua KPPS Adriani yang dikonfirmasi Kompas.com di TPS 20 mengatakan terpaksa mengungsi ke dalam rumah karena cuaca buruk. "Daripada logistik rusak, mending diamankan dulu ke dalam rumah. Jika ada warga yang datang memilih, kami tetap menerima dan disaksikan oleh panitia TPS dan saksi-saksi pasangan calon gubernur Sulsel. Jika situasi memang sudah memungkinkan, pemilihan akan kembali ke luar setelah TPS diperbaiki," katanya.

Dalam Pilkada Sulsel, tiga calon gubernur bertarung untuk menjadi orang nomor satu. Ketiga pasangan tersebut adalah nomor urut 1 Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Madzakkar (IA), pasangan petahana nomor urut 2 Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang), dan paslon nomor urut 3 Rudiyanto Asapa-Nawir Pasinringi (Garudana).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com