Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kapal dari Avona Ikut Membantu Pencarian Awak KM Bintuni 21

Kompas.com - 21/01/2013, 05:52 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis

TIMIKA, KOMPAS.com - Tiga buah kapal ikan yang tiba dari Avona, Kabupaten Kaimana, akan bergabung dalam pencarian empat awak KM Bintuni 21, Senin (21/1/2013) ini. Ketiga kapal ikan tersebut sudah bergabung dengan delapan kapal ikan lainnya di Pelabuhan Poumako yang sudah lebih dulu terlibat dalam pencarian empat rekan mereka.

Sebanyak 7 orang perwakilan dari 11 kapal ikan mendatangi posko pencarian awak KM Bintuni 21 di Portsite, Pelabuhan Amamapare, Minggu sore (20/1/2013), untuk berkoordinasi, sekaligus melaporkan tambahan 3 kapal yang akan bergabung dalam proses pencarian.

Karel Rony Ileng, Koordinator Misi Pencarian, sempat berdiskusi dengan tujuh orang perwakilan 11 kapal ikan tersebut, sekaligus bertukar informasi terkait temuan dari benda-benda dari KM Bintuni 21, yang dibawa arus sejak karam di Muara Poumako, Kamis (17/1/2013) lalu.

Dalam diskusi singkat di depan Posko SAR, perwakilan kapal ikan menyampaikan sempat beberapa kali melihat sejumlah barang dari KM Bintuni 21 yang terbawa arus ke arah timur dan tenggara dari lokasi karamnya kapal naas tersebut.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, dari hasil evaluasi sore tadi, rencananya besok pencarian akan dipercepat lebih pagi dari hari sebelumnya, dan areal pencarian akan diperluas hingga radius 45 mil, dari titik karamnya KM Bintuni 21, yakni antara Pulau Tiga di Selatan hingga muara Pulau Kokonau di Utara, perairan Mimika.

Hingga kini baru 11 awak kapal yang berhasil ditemukan dari total 15 awak saat KM Bintuni 21 karam pada Kamis siang, sekitar Pukul 11.30 WIT. sementara 4 awak lainnya masih dalam pencarian.

Ada pun nama-nama awak dan korban yang belum ditemukan berdasarkan data dari posko SAR di Portsite, Pelabuhan Amamapare, yakni awak yang sudah ditemukan : Rustan (Nahkoda), Catur Tri Trenggono (Mualim), Rizki Abdul Abdis (KKM), Edi Kristanto (Masinis), Saul Sabono (Bosmen), Azis Makatita (As.Bos), Muh. Saleh Rumbalitar (As.Bos), Rahmat Levi(As.Bos), Samsu Alam (Kelasi), Mansyur (Kelasi), Gilber (Kelasi).

Sementara empat awak yang masih hilang yakni: George M Uliselan (Masinis), Andrianus Nomai (Kelasi), Heri Santoso (Kelasi) dan Makmuri (Koki).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com