Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khofifah Favorit di Kalangan 'Underbow' PKB

Kompas.com - 06/01/2013, 13:52 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Meski kalah dalam suksesi Pilgub 2008 lalu, nama Khofifah Indar Parawansah masih menjadi idola bagi sebagian warga Nahdiyin, khususnya pengurus Dewan Koordinasi Wilayah (DKW) Garda Bangsa Jatim.

Survei internal pengurus underbow PKB ini masih menempatkan Khofifah di posisi teratas dengan perolehan 53 persen. Khofifah bahkan mengalahkan nama mantan ketua Dewan Koordinasi Nasional (DKN) Garda Bangsa Imam Nahrawi, yang berada di posisi kedua dengan perolehan 21 persen.

Survei yang dilakukan sepanjang Desember 2012 kepada ratusan pengurus Dewan Koordinasi Cabang (DKC) Kabupaten/Kota se-Jatim itu, kata Ketua DKW Garda Bangsa Zaini Nasiruddin, untuk mengetahui kecenderungan pengurus memilih nama calon gubernur pada Pilgub Jatim, Agustus mendatang.

"Hasil ini akan direkomendasikan kepada partai agar menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan siapa nama calon yang akan direstui," kata anggota Fraksi PKB, DPRD Jatim ini, Minggu (6/1/2013).

Hasil itu, kata dia, ternyata sama dengan keputusan Pengurus DKN Garda Bangsa yang sebelumnya menyatakan dukungan penuh kepada Ketua Umum Muslimat NU itu untuk kembali bertarung merebut kursi Gubernur Jatim.

"Ini artinya, nama Khofifah tidak hanya menjadi idola bagi kader Garda Bangsa di Jatim, tapi sudah menjadi idola bagi seluruh pengurus secara nasional," tambahnya.

Hasil survei tersebut meletakkan nama Wagub Jatim Saifullah Yusuf di posisi ketiga terfavorit dengan perolehan 14 persen responden, menyusul kemudian Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar 8 persen, dan Ketua Umum Ikatan Sarjana Nahdatul Ulama (ISNU) Ali Masykur Musa 4 persen.

PKB sepakat mengusung kader sendiri dalam Pilgub Jatim nanti. Partai berlambang bintang sembilan itu akan memilih satu dari dua nama bakal calon gubernur Jatim yang direstui, yakni antara Wagub Jatim Saifullah Yusuf, dan Ketua Umum Muslimat NU Khofifah Indar Parawansah. Kedua tokoh Nahdiyin itu dipandang memiliki pengalaman memimpin yang cukup untuk menduduki posisi gubernur Jatim.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com