Kompas.com - 05/01/2013, 12:24 WIB
Penulis Sri Rejeki
|
EditorNasru Alam Aziz

SOLO, KOMPAS.com — Mobil listrik Tucuxi milik Menteri BUMN Dahlan Iskan akan diruwat dengan dimandikan air kembang oleh dalang kondang, Ki Manteb Sudarsono, Sabtu (5/1/2013). Ruwatan akan mengawali perjalanan untuk mencapai jarak tempuh 1.000 kilometer mobil yang diawali dari Solo ke Magetan. Sebelumnya, mobil telah melampaui perjalanan dari Yogyakarta sejauh 70 kilometer.

"Ruwatan ini untuk membuang sukerto, kotoran, atau sial, apes, dengan harapan yang mengendarai selamat," kata Ki Manteb.

Air diambil dari sumur-sumur di empat penjuru Solo, yakni Solo utara, selatan, timur, dan barat. Ki Manteb tidak menggunakan uba rampe tertentu. Ia hanya berdoa dan tirakat sehingga belum tidur sejak pukul 21.00 kemarin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.