Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor di Kebumen Hambat Akses Transportasi

Kompas.com - 04/01/2013, 11:44 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

KEBUMEN, KOMPAS.com - Longsor di sejumlah titik di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah akibat hujan deras selama beberapa hari terakhir menyebabkan akses transportasi warga terganggu. Sejumlah ruas jalan penghubung antardesa masih tertutup longsor.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen, Muhyidin, Jumat (4/1/2013) mengatakan, di Desa Kenteng, Kecamatan Sempor, tanah longsor menyebabkan warga setempat kesulitan menuju kota karena jalan Gombong-Banjarnegara tertutup longsor di Desa Semali, Kecamatan Sempor. Upaya penyingkiran longsoran dilakukan dengan alat berat.

Kesulitan transportasi juga dialami warga Kecamatan Sadang akibat jalan utama terkena longsoran di sejumlah titik. Menurut Muhyidin, jalan sangat licin. Di beberapa titik, sebagian badan jalan tertutup longsoran.

Di Desa Kenteng, tanah longsor mengakibatkan empat rumah rusak parah dan lima rumah rusak ringan. Adapun di Desa Karangkemiri, Kecamatan Karanganyar tercatat dua rumah rusak.

Kerusakan akibat tanah longsor tersebar di empat kecamatan yakni Sempor, Karanganyar, Karanggayam, dan Padureso.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com