Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Tergelincir, Sembilan Orang Tewas

Kompas.com - 02/01/2013, 03:22 WIB

pendleton, selasa - Sembilan orang tewas dalam kecelakaan lalu lintas setelah sebuah bus terjun ke dalam jurang sedalam 60 meter di Pendleton, Oregon, Amerika Serikat, Minggu (30/12). Penyebab kecelakaan diduga akibat bus tergelincir di jalan yang licin karena tertutup es.

Bus itu mengangkut 48 penumpang saat kecelakaan terjadi, dalam perjalanan dari Las Vegas, AS, menuju Vancouver, Kanada, pada akhir tur sembilan hari. Sebagian besar penumpang adalah mahasiswa peserta pertukaran pelajar asal Korea Selatan. Penumpang lain berasal dari Kanada, AS, serta masing-masing seorang warga negara Jepang dan Taiwan.

Kendaraan naas itu tengah melaju di Jalan Raya 84 sebelum menabrak beton pembatas jalan lalu kehilangan kendali. Pagar jalan tidak mampu menghentikan laju bus carteran itu sehingga akhirnya terjun ke jurang. Bagian depan bus ringsek dan badan bus rusak parah.

Seorang korban bernama Seo Jae-min (23) bahkan terlempar dari badan bus sewaktu menuruni jurang. Dia selamat meski pergelangan kakinya patah, luka di tangan, dan lecet di wajah.

Yoo Byung-woo (25), salah seorang penumpang selamat, menyebut sopir memacu bus lebih cepat dari biasanya. Dia mengaku kondisi cuaca saat itu berkabut dan bersalju. Kebanyakan penumpang tengah tertidur saat kecelakaan terjadi.

Polisi butuh waktu lebih dari sebulan untuk menyelidiki kasus ini, termasuk menuntut sang pengemudi yang berusia 54 tahun atas kelalaiannya.

”Pengemudi bus termasuk korban yang cedera,” ujar penyelidik, Letnan Gregg Hastings.

Dewan Keselamatan Transportasi Nasional mengirimkan dua penyelidik untuk mencari tahu penyebab bus hilang kendali dan terjun ke jurang. Penyelidikan meliputi kondisi jalan dan pagar pembatas, reaksi dari pengemudi, ataupun perusahaan pemilik bus, yakni Mi Joo Tour and Travel, yang berkantor di Vancouver.

Sebanyak enam bus yang dimiliki perusahaan tur ini diketahui tidak pernah mengalami kecelakaan dalam dua tahun terakhir.

Cuaca buruk

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com