Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oknum Polisi Dituding 'Bekingi' Pembalakan Liar

Kompas.com - 19/12/2012, 18:24 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Maraknya pembalakan kayu secara liar di sejumlah kawasan hutan di Pulau Buru, Maluku, diduga dibekengi atau dikawal oleh sejumlah oknum anggota polisi di daerah tersebut. Tudingan ini dilontarkan tokoh masyarakat Pulau Buru, Salim Alkatiri, dalam perbincangan di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (19/12/2012).

"Ada sejumlah oknum anggota kepolisian yang memang terlibat dalam pembalakan kayu secara liar di Pulau Buru," ungkap Salim.

Salim mengungkapkan, terkait dugaan keterlibatan oknum anggota polisi dalam kasus tersebut, dia sudah pernah melaporkannya ke Kapolda Maluku. Namun, hingga kini tidak pernah ada tindak lanjut dari institusi Polri.

Ia juga mengatakan, penegakan hukum terhadap sejumlah aksi pembalakan hutan oleh aparat kepolisian sangat lemah. Padahal, kegiatan pembalakan liar di Pulau Buru terjadi secara terang-terangan dan telah merusak kawasan hutan di pulau tersebut.

"Saya minta Kapolda Maluku dapat menindak tegas anak buahnya yang terlibat dalam pembalakan kayu ilegal di Pulau Buru. Masak ada banyak polisi di sana, tapi sangat tinggi sekali pembalakan liar," sindirnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com