Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahapan Pilgub Malut Resmi Dilaksanakan

Kompas.com - 17/12/2012, 23:30 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi Maluku Utara resmi dilaksanakan. Pelaksanaan tahapan Pilgub Malut ini diresmikan Gubernur Maluku Utara Thaib Armaiyn yang ditandai dengan penandatangan Pakta Integritas bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI maupun KPUD Provinsi Maluku Utara di Bela Internasional Hotel, Senin (17/12/2012).

Thaib Armaiyn pada kesempatan itu menekan tombol serine bertanda tahapan Pilgub Malut tahun 2013 telah dimulai. Sebagaimana yang disampaikan KPUD Malut, tahapan Pilgub Malut sudah mulai terlaksana sejak Senin kemarin dan akan digelar pemungutan suara pada 1 Juli 2013.

Ketua KPU RI Husni Kamil yang menghadiri langsung launching tahapan Pilgub Malut mengharapkan, pelaksanaan Pilgub Malut tahun 2013 tidak seperti Pilgub Malut tahun 2007 silam yang menguras waktu kurang lebih 1 tahun.

"Dinamika beberapa tahun lalu (Pilgub) di Provinsi Maluku Utara merupakan suatu pembelajaran, tidak hanya di daerah ini tapi juga di tingkat nasional. Untuk itu bila Pilgub Malut tahun 2013 bisa selesai tepat waktu, maka tidak ada lagi masalah yang diurus pada tahun 2014," sindir Husni Kamil.

Sementara itu, Ketua KPUD Provinsi Maluku Utara Mulyadi Tutupoho menjelaskan, sesuai Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2), Pilgub Malut disaksikan oleh seluruh penduduk Maluku Utara sebanyak 1.254.354 jiwa. Dari data tersebut, KPUD Provinsi Maluku Utara menaksir jumlah pemilih pada Pilgub Malut 2013 nanti berkisar 780.000 jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com