Ditetapkan, 5 Pasangan Cagub Sumut - Kompas.com

Ditetapkan, 5 Pasangan Cagub Sumut

Kompas.com - 13/12/2012, 19:46 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara menetapkan lima pasangan calon gubernur dengan calon wakil gubernur yang dinyatakan lolos verifikasi dan memenuhi persyaratan. Penetapan tersebut dikeluarkan melalui rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut di Medan, Kamis (13/12/2012).

Ketua KPU Sumut Irham Buana Nasution mengatakan lima pasangan calon tersebut adalah pasangan Amri Tambunan dengan Rustam Effendy Nainggolan dengan dukungan Partai Demokrat yang memiliki 27 kursi DPRD Sumut. Pasangan Chairuman Harahap dengan Fadly Nurzal yang didukung koalisi Partai Golkar yang memiliki 13 kursi di DPRD Sumut dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang mempunyai tujuh kursi legislatif.

Selain dua parpol itu, pasangan Chairuman/Fadly juga didukung partai kecil lainnya yakni Partai Buruh, Partai Republika Nusantara, dan Partai Pemuda Indonesia (PPI). Pasangan Gus Irawan Pasaribu dengan Soekirman yang didukung oleh Partai Amanat Nasional (PAN) dengan tujuh kursi legaislatif, Partai Gerindra (3), Partai Bintang Reformasi (1), dan Partai Bulan Bintang (1). Tiga kursi lainnya diambil dari akumulasi suara 19 parpol yang mendapatkan suara dalam pemilu yang diselenggarakan pada 2009.

Pasangan Effendi Muara Sakti Simbolon dengan Jumiran Abdi yang mendapatkan dukungan 21 kursi DPRD Sumut yang terdiri atas PDI Perjuangan (12 kursi), Partai Damai Sejahtera (5), dan Partai Peduli Rakyat Nasional (4). Pasangan Gatot Pujo Nugroho dengan Tengku Erry Nuradi yang didukung Partai Keadilan Sejahtera (12 kursi), dan Partai Hanura (1), Partai Patriot, dan Partai Kebangkitan Nahdatul Ulama.

Pasangan Amri Tambunan adalah Bupati Deli Serdang yang berpasangan dengan Rustam Effendy Nainggolan yang merupakan mantan Bupati Tapanuli Utara dan mantan Sekretaris Daerah Provinsi Sumut.

Chairuman Harahap adalah mantan Kajati Sumut yang beralih menjadi anggota DPR RI dari Partai Golkar setelah pensiun yang berpasangan dengan Fadly Nurzal yang juga Ketua PPP Sumut dan anggota DPRD Sumut.

Gus Irawan Pasaribu merupakan Ketua KONI Sumut dan mantan Dirut Bank Sumut yang berpasangan dengan Soekirman yang masih menjabat Wakil Bupati Serdang Bedagai. Effendi Muara Sakti Simbolon adalah Wakil Ketua Komisi VII DPR RI yang berpasangan dengan Jumiran Abdi, mantan anggota KPU Sumut.

Gatot Pujo Nugroho adalah mantan Ketua PKS Sumut yang masih bertugas sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Sumut yang berpasangan dengan Tengku Erry Nuradi yang masih menjadi Bupati Serdang Bedagai.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorGlori K. Wadrianto

    Terkini Lainnya


    Close Ads X