Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Purbakala Sangiran Pamerkan Fosil di Kuta

Kompas.com - 13/12/2012, 18:42 WIB

KUTA, KOMPAS.com - Museum Purbakala Sangiran, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, memamerkan sejumlah koleksi fosil di Kuta, Bali, untuk menarik minat wisatawan pada musim liburan akhir tahun.

"Tujuan kami menggelar pameran di Bali tidak lain untuk menarik pelancong dari dalam dan luar negeri untuk lebih banyak berkunjung ke Situs Sangiran," kata Kepala Seksi Pemanfaatan Balai Pelestarian Situs Purbakala Sangiran, Sukronedi, di Kuta, Kamis (13/12/2012).

Pihaknya memilih Bali menjadi salah satu tempat menyosialisasikan situs manusia purba itu karena Pulau Dewata itu sebagai tujuan wisata internasional.

Dia berharap sosialisasi benda purbakala dalam bentuk pameran tersebut di Kuta dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Sangiran. "Saat ini kunjungan wisatawan asing hanya 10 persen. Untuk itu setelah pameran ini kami berharap jumlah kunjungannya bisa meningkat," ujarnya.

Menurut Sukronedi pameran itu tidak semata-mata untuk menarik minat turis, melainkan juga memperkenalkan Situs Sangiran kepada masyarakat luas, terutama generasi muda.

Pameran berlangsung pada 13-16 Desember 2012. Bali menjadi wilayah terakhir pelaksanaan kegiatan tersebut yang digelar oleh Balai Pelestarian Situs Purbakala Sangiran.

Dalam pameran tersebut dipamerkan 30 item fosil dari seluruhnya yang berjumlah 30 ribu fosil. Jumlah fosil yang dipamerkan itu hanya satu persen saja dari koleksi yang dimiliki oleh Museum Purbakala Sangiran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com