Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penangkapan Pengguna Narkoba Banyak di Tamansari

Kompas.com - 13/12/2012, 17:27 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecamatan Tamansari yang banyak memiliki tempat hiburan malam merupakan lokasi yang paling banyak menangkap pengguna dan pengedar narkoba.  Adapun tempat hiburan malam di seluruh Jakarta Barat adalah 81 tempat yang terdiri dari 36 lokasi diskotek, karaoke 21 lokasi, musik hidup 19 lokasi, dan pub 5 lokasi.

"Karena banyak tempat hiburan malam, jadi penangkapan narkoba yang paling sering ya di lokasi itu," kata Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Gembong Yudha kepada wartawan, Kamis (13/12/2012).

Dari penangkapan di Kecamatan Tamansari, mayoritas merupakan pengedar dan pengguna kecil. Untuk pengguna narkoba, polisi akan menyerahkan kepada BNN untuk rehabilitasi.

Selain Tamansari, lokasi lain yang rawan tindakan narkoba adalah kecamatan Cengkareng dan Kalideres. Untuk kecamatan Cengkareng menjadi posisi kedua penangkapan karena banyak pengedar yang menetap sementara di lokasi tersebut.

"Wilayahnya kan luas dan banyak apartemen. Makanya banyak bandar dan pengedar yang bersembunyi di wilayah itu," kata Gembong.

Untuk posisi ketiga penangkapan terbanyak adalah Kecamatan Kalideres. Wilayahnya yang luas dan banyak perumahan mewah membuat para pengedar menyetok barang kiriman narkoba dari Cina di kompleks-kompleks perumahan tersebut.

Wilayah yang luas, rumah mewah, dan tingkat individual masyarakat yang sangat tinggi membuat polisi kesulitan melakukan deteksi narkotika di kecamatan Kalideres. Gembong melanjutkan, dari ketiga tempat penangkapan terbanyak narkoba ini memiliki ciri khas masing-masing. Untuk mengurangi peredaran narkoba, pihaknya akan terus melakukan pantauan di tiga lokasi tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com