Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Bangkalan, 1 TPS Dijaga 1 Polisi dan 4 Linmas

Kompas.com - 12/12/2012, 14:03 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

BANGKALAN, KOMPAS.com - Memanasnya suhu politik Bangkalan pada pilkada tahun ini membuat polisi menerapkan pengamanan ekstra ketat di 1.854 tempat pemungutan suara (TPS). Pola penerapan yang dipakai, setiap TPS dijaga satu polisi dan empat anggota Linmas atau pola 1-1-4.

Pola pengamanan di TPS tersebut, kata Kapolres Bangkalan AKBP Endar Priantoro, tidak seperti yang direncanakan semula, menyusul meningkatnya tensi politik menjelang hari pencoblosan.

''Awalnya kami rencanakan menerapkan pola sama seperti pemilu, yakni pola pengamanan 1-4-4, 1-3-4, dan 1-2-4, namun karena suhunya memanas, akhirnya pola pengamanan dirubah menjadi 1-1-4,'' katanya, Rabu (12/12/2012).

Jumlah Linmas, kata Endar, tidak sama di setiap wilayah karena disesuaikan dengan kondisi. Di perkotaan, mungkin linmasnya akan lebih banyak, karena calon bupati lebih banyak yang berdomisili di kawasan kota Bangkalan.

Jumlah pemilih dalam Pilkada Bangkalan berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 880.029 orang, menyusut 17.059 orang dari daftar pemilih sementara yang mencapai 897.987 orang. Para pemilih ini tersebar di 1.854 TPS di 281 desa/kelurahan di 18 kecamatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com